..
Yuk Coba Energi Alternatif Tenaga Surya
ENERGI- Agung Kayon (paling kanan) menjelaskan mengenai energi surya kepada mahasiswa. Ia percaya energi surya bisa dimanfaatkan untuk kehidupan yang lebih baik./ist

Yuk Coba Energi Alternatif Tenaga Surya

Suksesinews.com, Denpasar—Bali sesungguhnya tidak pernah mengalami kekurangan sumber energi, justru terdapat kelebihan energi yang cenderung menimbulkan pemborosan.

 Hal tersebut diungkapkan Agung Kayon, salah satu praktisi lingkungan yang mengembangkan energi alternatif. "Sesungguhnya kita di bali tidak mengenal kata kehabisan energi khususnya energi listik, justru keadaan kita saat ini adalah kelebihan energi sehingga mengarah pada pemborosan," ujarnya pada acara Talkshow potret akhir tahun, Politeknik Negeri Bali (PNB), Sabtu (29/11).

Agung memandang, di Bali sumber energi listrik sudah sangat mencukupi. "Di  Bali jarang terjadi pemadaman bergilir kan," tegasnya. Ia membandingkan dengan keadaan di beberapa daerah diluar Bali. "Biasanya kita mengeluhkan pemadaman bergilir. Tapi kita lihat di Sumbawa. Disana justru hanya mengenal penerangan bergilir. Artinya supply energi listrik ke daerah tersebut sangat rendah sehingga lebih sering terjadi pemadaman dibandingkan penerangan," tuturnya.

 

Melalui talkshow yang digelar UKM Jurnalistik PNB itu, Agung mengajak peserta yang hadir untuk mulai mencari energi alternatif yang potensial agar pemborosan energi di Bali tidak terus terjadi. "Sumber daya matahari yang paling intens adalah di Bali, karena hampir 8 jam per hari Bali terpapar sinar  matahari. Jadi Pembangkit Listrik Tenaga
Surya itu menjadi salah satu alternatif yang bisa saya tawarkan," tuturnya.

 

Dengan potensi energi surya yang tidak terbatas ini ia menilai masyarakat Bali khususnya harus mulai diarahkan agar tidak melakukan pemborosan energi melainkan melakukan penghematan yang berbasis lingkungan. "Panel Surya ini juga merupakan energi alternatif yang ramah lingkungan," ungkapnya.

Ia memberikan contoh bagaimana di rumahnya sendiri yang terletak di Desa Geluntung Tabanan, telah menggunakan listrik dengan tenaga surya. Secara pribadi dan mandiri, Agung Kayon menggunakan listrik dengan panel surya yang ditampung didalam aki dan digunakan dengan seperlunya.

Tidak hanya itu, pada topi 'capil' yang digunakannya juga terdapat panel surya yang disambungkan pada sebuah kabel charger. "Saya kalau ngecharge gak harus bawa powerbank. Tinggal pake topi ini, bisa langsung ngecharge," tuturnya.

Menurutnya pengembangan panel surya tidak perlu susah dan mahal. Ini dapat dikembangkan secara pribadi di rumah masing-masing. Apabila ini dikembangkan dengan lebih baik dan secara individu, tentu tidak akan kesusahan mencari sumber listrik.

 

 

 "Hanya dengan beberapa panel surya, di rumah masing-masing, masyarakat bisa menghasilkan listrik mandiri dan tentu akan belajar tidak boros dalam penggunaanya. Selain itu ini tentu akan menghemat penggunaan listrik bertenaga batu bara atau bahan
bakar mintak," tegasnya. Ist/may

 

Sebelumnya Soal Adi Wiryatama, Puspayoga Minta Tak Tebang Pilih
Selanjutnya Pertanda Apa, Pohon Beringin di Kantor DPD Golkar Roboh Jelang Munas