..
Update Silon, Satiyem 70 Ribu -  Purnomo 10 Ribu Dukungan
KPU melakukan simulasi penyerahan berkas syarat dukungan bapaslon independen

Update Silon, Satiyem 70 Ribu - Purnomo 10 Ribu Dukungan

BANYUWANGI - Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi 2020 memasuki tahapan penting. Terhitung pukul 08.00 WIB, Rabu 19 Februari 2020, KPU Banyuwangi membuka penyerahan berkas syarat dukungan bagi bakal pasangan calon (bapaslon) independen.

Sekedar bocoran, sampai waktu awal pembukaan penyerahan berkas dukungan, Purnomo - Suminto masih terupdate 10 ribu dukungan di silon KPU. Sementara Satiyem - Sunaryanto sudah tembus 70 ribu.

"Untuk Bu Satiyem tinggal 15 ribuan lagi. Itu update silon per hari ini. Bisa saja masing - masing tim sudah menginput offline lebih dari itu," kata Ari Mustofa.

Ari Mustofa merupakan Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Kabupaten Banyuwangi. Menurutnya, semua data harus terisi. Termasuk nama, alamat, pekerjaan, nomer induk KTP dan tanda tangan.

"Pekerjaan tak ditulis berarti tidak masuk berkas dukungan. Karena semua data harus terisi. NIK tidak ditulis saja disendirikan, tidak masuk berkas dukungan. Apalagi tidak ada tanda tangan," jelas Ari.

Terkait tanda tangan, lanjut Ari, garis datar bisa dianggap tanda tangan. Masalah ini pernah disampaikan ketika menjawab pertanyaan dari bakal pasangan calon (bapaslon) perseorangan.

"Tanda tangan yang modelnya cuma sret atau garis datar umumnya tanda tangan lansia," paparnya ketika simulasi penyerahan berkas dukungan bapaslon perseorangan, Rabu (19/2/2020).

IMG-20200219-WA0010

Aturan lainnya, staf KPU dilarang membantu menggotong berkas dukungan dari bapaslon. Termasuk memasukkan ke dalam ruangan KPU. Petugas KPU hanya boleh mengabadikan lewat video smartphone.

"Biarkan digotong tim pendukung bapaslon. Karena pernah ada kejadian di suatu daerah, saking baiknya staf KPU ikut membantu menurunkan. Tapi justru menjadi sasaran gugatan katanya menghilangkan berkas dukungan," imbuhnya.

KPU akan mensterilkan area penyerahan berkas dukungan. Tidak semua petugas KPU bisa masuk. Dan masa perbaikan bekas hanya berlaku sampai pukul 24.00 WIB, 23 Februari 2020, bersamaan dengan penutupan penyerahan berkas dukungan.

"Bu Satiyem akan menyerahkan berkas antara 21-22 Februari 2020. Sedangkan Purnomo masih belum terkonfirmasi," imbuh Ari. SUBAHRODIN YUSUF

Sebelumnya Para Anak Geng Donky Dituntut Paling Lama 4 Bulan
Selanjutnya Siap-siap 3 Hari Lagi Turnamen Mobile Legends Siap Digelar LAzone Bali