..
Tersangka Upal Ke-12 Pedagang Sembako

Tersangka Upal Ke-12 Pedagang Sembako

BANYUWANGI - Tersangka kedua belas kasus dugaan peredaran uang asing palsu ditangkap aparat Polresta Banyuwangi. Lelaki berinisial Mbah BE dibekuk di Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

Versi Kapolresta Banyuwangi Kombes Arman Asmara Syarifudin SIK, Mbah BE dikenal sebagai pendistribusi uang dolar kepada W, H, serta SH. Pelaku merupakan jaringan di atas ketiganya yang lebih dulu diamankan aparat.

"Jadi ini merupakan jaringan di atas tiga orang tersebut (W, H, dan SH). Seperti H punya lima anak buah," ungkap Kombes Arman Asmara.

Diakui oleh Mbah BE, dolar yang diberikan kepada H berasal darinya. Pengakuan ini diucapkan pelaku saat dimintai keterangan aparat.

"Tersangka mengakui semua perbuatannya," tambahnya.

Barang bukti yang diamankan ada 3 bandel uang dolar senilai 30 ribu dolar Amerika. Ada pula kotak yang digunakan untuk menyimpan uang palsu.

"Ini kotak khusus menyimpan uang dolar. Sengaja diberi lubang agar uang tidak rusak," imbuh Kapolresta, Senin (22/3/2021).

Aparat sedang mengejar pelaku lain yang masuk jaringan di atas Mbah BE. Pendistribusi upal asing ini ternyata hanya penjual sembako.

"Saya bekerja jualan sembako. Ketika melakukan transaksi upal tidak mematok harga," aku tersangka di Mapolresta Banyuwangi. SUBAHRODIN YUSUF

Sebelumnya Bangkitkan UMKM Lokal, GIBB Gelar Sunday Market
Selanjutnya Polisi Selidiki Video Cabai Dicat