..
Terminal Brawijaya Banyuwangi Bakal Dipermak, Pemprov Jatim Siapkan Anggaran Rp 40 M

Terminal Brawijaya Banyuwangi Bakal Dipermak, Pemprov Jatim Siapkan Anggaran Rp 40 M

BANYUWANGI - Terminal Brawijaya Banyuwangi bakal dipermak menjadi terminal umum dan pariwisata. Provinsi Jawatimur telah mengalokasikan anggaran gemuk senilai Rp 40 Miliar.

Selasa (19/1/2021), Komisi D DPRD Jatim menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke terminal tipe B yang berdekatan dengan Samsat Banyuwangi tersebut. Sidak dipimpin oleh Ketua Komisi D Kuswanto bersama beberapa anggotanya termasuk Hermanto. Dari total anggaran 40 Miliar itu akan dikuncurkan Rp 2,4 miliar pada tahun ini.

"Ini belum multiyears, tapi tahun 2021 Pemprov Jatim mengalokasikannya segitu. Lha kami sidak ingin tahu anggaran Rp 2,4 Miliar untuk membangun apa," jelas Hermanto pada wartawan di pressroom DPRD Banyuwangi.IMG_20210119_120813

Hermanto anggota Komisi D DPRD Jatim

Dana yang dialokasikan Pemprov Jatim untuk merubah tampilan Terminal Brawijaya terbilang besar. Angkanya mengalahkan semua terminal lain di Jawa Timur yang hanya diberi alokasi anggaran Rp 200 juta pada tahun ini.

"Kemarin sempat terjadi perdebatan di internal komisi kami. Ternyata anggaran sebesar itu disesuaikan untuk peruntukkan dan kebutuhan karena Banyuwangi dianggap menjadi pintu gerbang pariwisata Jawatimur. Grand desainnya, ke depan Terminal Brawijaya akan dijadikan terminal pariwisata," tambah politisi PDIP asal Banyuwangi.

Walaupun dananya telah siap, ternyata masterplan proyek terminal ini belum jelas. Bisa jadi, kata Hermanto, bentuk bangunannya lantai tiga yang salah satu bangunannya dikerjasamakan dengan pihak ketiga sehingga ada fungsi layanan dan operasionalnya.

"Ini masih dalam tahap kajian, bentuknya bagaimana masih belum jelas. Tapi untuk tahun anggaran 2021 dapat alokasi anggaran Rp 2,4 Miliar," imbuh Hermanto. SUBAHRODIN YUSUF

Sebelumnya Kuasai 162 Butir Ekstasi dan Sabu, Kurir Banyuwangi ini Terancam Bui 20 Tahun
Selanjutnya PT Denpasar Kurangi Hukuman Jerinx SID, Diapstikan 5 Bulan Lagi Bebas