..
Sumail Abdullah Melawan Korona : Datangi Warga Bagikan 6 Ton Ikan
Anggota Komisi IV DPRRI, H Sumail Abdullah (kanan) menyerahkan bantuan ikan segar dan produk olahan ikan kepada warga terdampak virus korona di Desa Watukebo, Kecamatan Wongsorejo.

Sumail Abdullah Melawan Korona : Datangi Warga Bagikan 6 Ton Ikan

BANYUWANGI - Anggota Komisi IV DPRRI, H Sumail Abdullah, membagikan bantuan bagi warga terdampak virus korona. Sebanyak 6 ton ikan segar plus produk olahan berbahan ikan dibagikan secara langsung ke rumah - rumah warga.

Penyaluran tali asih itu terkonsentrasi di Desa Watukebo, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Senin (18/5/2020). Mereka yang menerima adalah warga miskin, guru honorer, serta guru ngaji. Bantuan juga disalurkan ke sejumlah pondok pesantren di perbatasan sisi utara Kabupaten Banyuwangi.

"Pembagian diawali secara simbolis kemudian diantar ke rumah - rumah penerima. Ini sebagai wujud menghormati imbauan pemerintah tentang social distancing selama pandemi korona," ucapnya kepada wartawan.

Harapannya, lanjut Sumail, bantuan yang dibagikan bisa meringankan beban hidup warga yang terdampak korona. Apalagi saat ini mendekati Lebaran Idul Fitri 1441 H. Diyakini tingkat kebutuhan ekonomi kian meningkat. Maka dari itu dipilih penerima dengan kategori paling membutuhkan.

"Kasihan ustad - ustazah, satu bulan hanya dapat honor Rp 150 - 180 ribu. Kita coba hadir disana, berbagi. Apalagi selama Covid 19 pengajian di TPA - TPQ diliburkan. Otomatis pendapatan mereka ikut terdampak," ungkapnya.

IMG-20200518-WA0043

Bantuan berupa ikan segar, sarden dan olahan ikan berbentuk nuget dan sosis berasal dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) serta Corporate Social Responshibility (CSR) PT Tuna Indonesia dan CV Harvest. Meskipun anggaran di KKP dikepras hingga 3 triliun tetap didorong agar terlibat dalam penanganan Covid 19. Ini bertepatan dengan Bulan Bakti Mutu Karantina.

"Penyaluran bantuan terkonsentrasi di Desa Watukebo, Kecamatan Wongsorejo. Karena bantuan terbatas warga penerima kita seleksi. Mereka yang paling membutuhkan kita utamakan," kata politisi Partai Gerindra.

Mengapa ikan yang dibagikan? Menurut Kepala Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu (BKIPM) dan Keamanan Hasil Perikanan Kelas I Surabaya, Muhlin, ikan dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Imunitas sangat berperan penting dalam menanggulangi Covid 19 sehingga bagus untuk dikonsumsi.

"Selain mengikuti protokol kesehatan, pakai masker dan menjaga kebersihan, imun kita harus ditingkatkan. Ikan imun yang terbaik," tandasnya. SUBAHRODIN YUSUF  

Sebelumnya Seluruh Pegawai di Kejati Bali Jalani Rapid Test, Hasilnya "Non Reaktif"
Selanjutnya Astungkara, Jumlah Kematian di Bali Masih Tetap 4 Orang