..
Sumail Abdullah Dipinang Parpol Non Parlemen
Sumail Abdullah (tengah pakai kaos biru) bersama sejumlah ketua partai politik non parlemen ketika bertemu di Warung Pecel Ayu, Kamis (29/8/2019).

Sumail Abdullah Dipinang Parpol Non Parlemen

BANYUWANGI - Gerilya politik mulai dijalankan oleh gabungan partai politik non parlemen untuk mencari pemimpin Bumi Blambangan 2020 mendatang. Sosok Haji Sumail Abdullah, politisi Senayan asal Kecamatan Wongsorejo, pun mulai didekati.

Pertemuan itu terjadi di Warung Pecel Ayu di kawasan Jalan Adi Sucipto Banyuwangi. Gabungan partai non parlemen yang digawangi Ketua Partai Garuda, H Yusuf Hidayat, ternyata menaruh hati agar Sumail mau maju Pemilihan Bupati (Pilbub) tahun depan.

"Kami pernah dibujuk untuk memberikan dukungan kepada sejumlah nama yang beberapa bulan belakangan beredar. Tapi kami tolak karena ada indikasi untuk melancarkan nama tertentu agar menjadi bupati baru pengganti Abdullah Azwar Anas (AAA)," beber Haji Yusuf Hidayat.

Ketika bertemu Sumail, gabungan partai politik non parlemen baru saja bertemu dengan pimpinan parpol yang saat ini duduk di kursi wakil pimpinan DPRD Banyuwangi. Pertemuan itu menurut Haji Yusuf membahas soal calon bupati Banyuwangi pengganti AAA.

"Kami disuruh mencari calon yang asli Tanah Gandrung dan tidak mendatangkan calon dari luar. Pak Mail kami anggap mewakili kriteria itu," lanjut pria asal Dusun Blokagung, Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari.

Kepada anggota Komisi XI DPRRI tersebut, Haji Yusuf berujar telah mengantongi nama pendamping bagi Sumail. Profile bakal calon bupati itu berasal dari kalangan pesantren dan dimunculkan oleh kiai karismatik.

"P2 (calon wakil bupati) ini didukung oleh pondok pesantren di tiga penjuru mata angin. Formasi dukungannya kami yakini sangat masif," tambahnya.

Pertemuan antara Sumail Abdullah dengan gabungan parpol non parlemen sebetulnya berlangsung tanpa jadwal. Yusuf Hidayat dan kawan-kawan datang lebih dulu di Pecel Ayu untuk makan siang pascasowan di gedung dewan. Sementara Sumail singgah makan siang setelah terbang dari Surabaya untuk pulang ke Desa Watukebo, Kecamatan Wongsorejo.

Tanpa di skenario mereka bertemu disini. Politisi Partai Gerindra yang lolos ke Senayan untuk periode kedua itu hanya tersenyum. Dukungan dari sejumlah parpol non parlemen diakuinya sebagai sebuah sanjungan.

"Untuk saat ini saya belum bisa memutuskan. Namun arah menuju kesana tidak tertutup. Saya masih menunggu petunjuk dari langit," ucapnya diplomatis. SUBAHRODIN YUSUF

Sebelumnya Penyelundupan Sabu Digagalkan, Tiga Kurir Ditangkap
Selanjutnya Diharapkan Generasi Milenial Bangkitkan Industri Mode Bertema Seni Budaya