..
Sofiandi Susiadi : Periode Kedua Memajukan Sektor Pertanian
Sofiandi Susiadi, anggota DPRD Banyuwangi dari Partai Golkar, kala pelantikan periode kedua 2019 - 2024, Rabu (21/8/2019) malam.

Sofiandi Susiadi : Periode Kedua Memajukan Sektor Pertanian

BANYUWANGI - Anggota DPRD Banyuwangi periode 2019 - 2024 telah dilantik pada Rabu (21/8/2019) malam. Diantara 50 anggota dewan yang menjalani sumpah itu terdapat sosok Sofiandi Susiadi.

Politisi Partai Golongan Karya asal Desa Benculuk, Kecamatan Cluring tersebut bukanlah wajah baru. Anggota parlemen yang berkantor di Jalan Adi Sucipto Banyuwangi ini menjalani pelantikan untuk masa jabatan periode kedua.

Sebelumnya, Sofiandi (panggilan akrabnya)  telah lima tahun duduk di kursi DPRD Bumi Blambangan periode 2014 - 2019. Posisi yang diemban kala itu sebagai Wakil Ketua Komisi IV yang membidangi pembangunan.

Pada Pemilu Legislatif April 2019 lalu, dia maju lagi sebagai wakil rakyat dari Daerah Pemilihan Banyuwangi III yang meliputi Kecamatan Srono, Muncar, Tegal Dlimo, Purwoharjo dan Cluring. Dari dapil Ini pula Sofiandi lima tahun lalu meraih kursi pertamanya sebagai anggota legislatif. Di periode kedua ini, Sofi ingin melanjutkan tugas pengabdiannya untuk masyarakat. Orientasi tugas yang hendak dituntaskan ada pada kemajuan sektor pertanian, baik tanaman pangan, palawija dan hortikultura.

"Kita akan mendorong teknologi untuk pengolahan hasil pertanian yang berorientasi pasar ekspor. Sehingga produk hasil pertanian dari Banyuwangi mampu bersaing dengan produk serupa dari daerah maupun negara lain," janjinya.

Untuk menuju pengolahan hasil pertanian dan komoditas unggulan dibutuhkan pelatihan di berbagai sektor. Salah satu diantaranya keterampilan khusus untuk mencetak para interprenuer serta wirausahawan muda yang tangguh.

"Banyuwangi merupakan penghasil komoditas pertanian umbi - umbian serta hortikultura yang melimpah. Saking melimpahnya kadang petani sampai bingung untuk menjual hasil tanamnya. Ini yang akan kita bidik, bagaimana caranya agar produk pertanian kita bisa menembus pasar luar negeri," urainya.

Itu bukan retorika Sofiandi semata. Di tengah kesibukan selaku wakil rakyat, politisi muda partai berlambang beringin ini sudah bergelut dengan dunia pertanian. Mulai bertani jeruk, umbi - umbian, sampai produk pertanian yang lain. Sofi adalah pelaku, bukan pengamat pertanian. SUBAHRODIN YUSUF

Sebelumnya Tiga Calon Ambil Formulir Pendaftaran Ketum KONI
Selanjutnya Kejari Badung Luncurkan SIDUJARI