..
Soal Pertemuan PPP - PKB, Gerindra : Itu Namanya Tidak Konsisten
Akur, Ketua DPC PKB Haji Joni Subagyo (kanan) dan Ketua DPC PPP H Ahmad Fauzan makan nasi kebuli bersama di PCNU Banyuwangi.

Soal Pertemuan PPP - PKB, Gerindra : Itu Namanya Tidak Konsisten

BANYUWANGI - Nasib Koalisi Mumbul Maning pascapertemuan PPP dan PKB di PCNU Banyuwangi terancam. Jika dua partai 'ijo - ijo' sepakat membangun koalisi sendiri maka nasib PKS dan Gerindra menjadi tidak jelas.

Secara kalkulasi politik, perolehan kursi parlemen Gerindra dan PKS jika digabung belum cukup untuk membangun koalisi sendiri. Sebab jumlah kursi kedua partai ini tidak memenuhi kuota 20 persen suara. Kursi Gerindra 5 dan sementara PKS 2 kursi.

Sementara, Koalisi Mumbul Maning telah melakukan penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati. Dua nama, Ahmad Yazid dan dr Taufik telah mengembalikan formulir melalui koalisi gabungan Partai Gerindra, PKS dan PPP. Sedangkan Sumail Abdullah yang awalnya mengambil formulir sampai batas penutupan tidak ada mengembalikan.

Ketua DPC Gerindra Banyuwangi H Naufal Badri menganggap PPP tidak konsisten menjaga marwah koalisi. Padahal kemitraan politik itu sudah dibangun untuk mencari figur pemimpin Banyuwangi masa depan.

"Itu namanya tidak konsisten," sesalnya.

Imbas dari perubahan arah koalisi PPP ini membuat Gerindra merubah haluan. Partai besutan Prabowo Subianto akan mencari figur calon dulu baru menentukan pasangan koalisi.

"Andai nanti kita ditawari bergabung bersama PPP dan PKB, tunggu dululah. Lihat siapa calonnya," tegasnya.

Soal kemungkinan koalisi PPP dan PKB, Ketua DPC PPP Banyuwangi, H Ahmad Fauzan, menyatakan belum terbentuk. Pertemuan antara partainya dengan partai berlambang bumi terikat di Kantor PCNU Banyuwangi masih belum menghasilkan keputusan apapun.

"Belum ada komitmen. Niat menuju arah kesana (koalisi) ada," katanya.

Soal keterlibatan PPP dalam Koalisi Mumbul Maning akan dibahas bersama PKS dan Gerindra. Tidak menutup kemungkinan peluang untuk PPP tetap bersama koalisi itu. Namun bisa juga PPP bakal mengajak keduanya untuk bergabung bersama PKB.

"Nantilah, pertemuan ini tidak ada kaitannya dengan Koalisi Mumbul Maning. Kita akan bicarakan lagi," jelasnya. SUBAHRODIN YUSUF

Sebelumnya Bertemu di PCNU Banyuwangi, PKB - PPP Bangun Koalisi?
Selanjutnya Pengunjung Kawah Ijen Dilarang Mendekati Api Biru