..
Soal Lepasnya Ijen, Mantan Wabup Beri Kesaksian Mengejutkan
Spanduk bertanya soal Ijen mulai terpasang di wilayah Kota Banyuwangi

Soal Lepasnya Ijen, Mantan Wabup Beri Kesaksian Mengejutkan

BANYUWANGI - Mantan Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widiatmoko angkat suara terkait lepasnya 1/3 wilayah Kawah Ijen ke Pemkab Bondowoso. Itu semua adalah ranah Bupati Banyuwangi selaku pimpinan daerah.

"Selama Bupati tidak tanda tangan tidak akan sah. Kalau sudah tanda tangan ya sah. Karena Bupati pengambil kebijakan," tegasnya, Minggu (3/7/2021).

Tahun 2019, ketika dirinya masih menjabat Wakil Bupati Banyuwangi mendampingi Abdullah Azwar Anas, pernah mengikuti pertemuan di Pemkab Banyuwangi bersama Pemkab Bondowoso dan perwakilan tim dari Jakarta membahas tapal batas Ijen. Saat itu mestinya Bupati Anas yang menemui tapi enggan.

"Bupati Anas nggak mau menemui, lalu mendelegasikan ke saya," kisah Mas Yusuf.

Mantan Wabup dua periode tersebut mengisahkan, dua tahun lalu dalam pembahasan Ijen disampaikan beberapa dokumen. Jika mengacu peta Belanda seluruh kawasan Ijen masuk Banyuwangi.

"Tapi ada pula peta yang menjelaskan 1/3 wilayah Ijen masuk Bondowoso. Peta yang ini hasil perubahan, katanya," jelas Yusuf Widyatmoko.

Nama Mas Yusuf ditarik - tarik dalam polemik tanda tangan berita acara kesepakatan tapal batas Banyuwangi - Bondowoso dengan subsegmen Ijen yang melibatkan Bupati Ipuk Fiestiandani Azwar Anas di Surabaya pada 3 Juni 2021. Nama Mas Yusuf muncul dalam surat klarifikasi Pemprov Jatim tertanggal 11 Juni 2021 menjawab atas surat pencabutan tanda tangan berita acara kesepakatan tapal batas Banyuwangi - Bondowoso.

Dalam surat itu Provinsi Jatim tegas membantah adanya paksaan dan penekanan terhadap Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani agar menandatangani berita acara kesepakatan. Yang benar, para pihak telah diberi kesempatan untuk menyatakan pendapat.

Minggu (3/7/2021), sejumlah spanduk mengkritisi soal Ijen bertebaran di Kota Banyuwangi. Sebelumnya spanduk serupa belum ada. Keberadaan spanduk itu menunjukkan bahwa warga Banyuwangi tak ingin Ijen lepas dari Bumi Blambangan. SUBAHRODIN YUSUF

Sebelumnya Gubernur Bali: Kabupaten/Kota di Bali Wajib Berlakukan PPKM Darurat Level 3
Selanjutnya PKB, PKS, Demokrat Bersatu Usut Lepasnya Ijen