..
Seniman Senior Berlabuh ke Cabup 01

Seniman Senior Berlabuh ke Cabup 01

BANYUWANGI – Sejumlah seniman senior mengeluh soal perkembangan kesenian tradisional di Banyuwangi kepada Calon Bupati 2020, Mas Yusuf. Dari Yon DD, Catur Arum, Demy sampai maestro gandrung Temu Misti menumpahkan isi curhatnya.

Mbok Temu melihat perkembangan gandrung hanya dieksploitasi permukaannya saja. Tapi seni tari tradisi ini tidak diperhatikan keutuhannya.

“Saya minta tolong, kalau Mas Yusuf nanti diberi amanah menjadi bupati, gandrung bisa lebih dilestarikan. Jangan sampai ada pakem yang sudah baku, kemudian dirubah sendiri tanpa ada upaya melestarikan aslinya," pinta Mbok Temu.

Pencipta lagu-lagu Osing yang karyanya sering meledak, Yon DD turut bicara kritis. Pangarang lagu Banyuwangi yang juga mempunyai suara merdu ini terlihat paling bersemangat dalam menyampaikan dukungannya kepada Mas Yusuf.

"Mulai hari ini saya akan mengampanyekan Mas Yusuf. Kalau memang tidak ingin perubahan, jangan pilih Mas Yusuf," ucap Yons DD yang disambut tepuk tangan semua seniman.

Dalam kesempatan itu, para seniman bahkan buka - bukaan apabila kurang diperhatikan Pemkab Banyuwangi. Salah satunya masalah hak cipta lagu yang pengurusannya semakin dipersulit. Ditambah lagi para seniman lokal jarang dilibatkan dalam even pemerintah.

"Kami harapkan festival di Banyuwangi tidak hanya mengeluarkan uang besar untuk superstar nasional. Artis lokal yang berpotensi seharusnya lebih diutamakan," kata Novi, salah satu artis Banyuwangi.

Pertemuan antara Cabup 01 Mas Yusuf dan sejumlah seniman kawakan ini berlangsung di rumah Yon Mas, di Jalan Kemiren, Dusun Watu Ulo, Desa Rejosari, Kecamatan Glagah.

Para musisi senior itu antara lain Catur Arum, Demy, Yon's DD, Arif Citenx, Yon Mas, Novi dan Ayong. Sementara dari kalangan seniman tradisional ada Tumin dan maestro gandrung Mbok Temuk Misti, selain para seniman lainnya. SUBAHRODIN YUSUF

Sebelumnya Ketua Ikawangi Dewata Turun Gunung Bantu Pemenangan YURIZ
Selanjutnya Polisi di Banyuwangi Viral, Digoda Demonstran Cewek Ketika Pengamanan Unras