..
Sempat Kabur ke Pasuruan, Dua Napi Lapas Banyuwangi Dibekuk Lagi
Hadi dievakuasi dari mobil oleh aparat Resmob Polresta Banyuwangi

Sempat Kabur ke Pasuruan, Dua Napi Lapas Banyuwangi Dibekuk Lagi

BANYUWANGI - Dua narapidana yang kabur dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banyuwangi berhasil ditangkap. Keduanya, Hadi dan Taufik dibekuk tim gabungan Polresta Banyuwangi dan Polda Jatim di Pasuruan.

Keduanya dikeler kembali ke Banyuwangi pada Jumat (30/10/2020) sore. Baik Hadi maupun Taufik terpaksa dihadiahi timah panas di kakinya.

Hadi merupakan napi kasus narkoba asal Pasuruan. Sementara Taufik merupakan warga Banyuwangi yang terjerat kasus pencurian.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Arman Asmara Syarifudin SIK menjelaskan, Taufik dan Hadi kabur dari Lapas Banyuwangi pada Selasa (27/10/2020). Lokasi penangkapan di kediaman rekan Hadi di Pasuruan.

"Ditangkap usai mengkonsumsi narkoba. Ada bukti alat hisap yang diamankan," jelas Kombes Arman.

Hadi nekad kabur dari Lapas Banyuwangi karena mendapat kabar istrinya telah menikah lagi dengan pria lain. Rencana meninggalkan rumah binaan sebelum waktunya itu bahkan diposting pelaku di media sosial.

"Hadi kabur karena ada masalah dengan istrinya. Kalau Taufik ingin bertemu anaknya yang diasuh mantan istrinya," tambah Kapolresta.

IMG_20201030_173909

Menurut Kepala Lapas Kelas II A Banyuwangi, Ketut Akbar Heri Ahyar, Hadi merupakan napi narkoba yang dilayar dari Lumajang. Sebelum itu dia pernah mendekam di Lapas Surabaya dengan vonis 6 tahun 9 bulan penjara. Sedangkan Taufik divonis hakim 1 tahun 6 bulan.

"Di Lumajang Hadi pernah mencoba kabur. Makanya kemudian dilayar ke Banyuwangi. Dua hari sebelum kabur saya sempat berbincang dengannya," ungkap Ketut Akbar.

Pengawasan terhadap Hadi sebetulnya telah dijalankan secara ketat. Ketika kabur napi narkoba ini mendiami sel tikus karena membawa HP.

"Berhasil kabur pakai gergaji kecil. Ini sedang kita selidiki dari mana asalnya. Taufik ikut kabur karena diajak Hadi," papar Ketut Akbar.

Setelah berhasil melewati penjagaan Lapas Banyuwangi, Taufik mengajak Hadi istirahat di areal persawahan di Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro. Selanjutnya, Taufik dan Hadi bergeser menuju Pelabuhan LCM Ketapang.

"Dari sana kami berdua naik truk ke Pasuruan. Sopir tidak tahu jika kami napi yang kabur," aku Taufik. SUBAHRODIN YUSUF

Sebelumnya Pria Abiansemal ini Kuasai 16,38 gram Sabu, Dituntut Jaksa 10 Tahun
Selanjutnya Gus Riza dan Bayu Mohammad Rifki, Cawabup 01 Bertemu Bintang Muda