..
Satgas Garda Blambangan Tindak Pelanggar Prokes

Satgas Garda Blambangan Tindak Pelanggar Prokes

BANYUWANGI - Tujuh orang pelanggar protokol kesehatan ditindak Satgas Garda Blambangan Kecamatan Cluring. Para pelanggar prokes itu rata - rata tidak mengenakan masker.

Sanksi penindakan terhadap para pelanggar berupa push up. Proses pemberian sanksi, menurut Kapolsek Cluring AKP Bejo Madreas, di tepi jalan tempat lokasi tim gabungan TNI, Polri, ormas dan staf Kecamatan Cluring menggelar operasi.

"Rata - rata pengendara kendaraan yang kena sanksi karena tidak pakai masker. Agar tidak diulang, kami tindak," jelasnya, Jumat (20/11/2020).

Operasi prokes ini digelar di sepanjang Jalan Raya Benculuk - Cluring. Tak hanya melulu pengendara kendaraan, warung makan kaki lima pun didatangi petugas. Arena permainan playstation juga tak luput dari sasaran.

Di Cluring, lanjut AKP Bejo Madreas, jumlah warga yang terkonfirmasi sudah 86 orang. Termasuk yang terbaru adalah klaster Pasar Benculuk. Awalnya 19 orang diketahui reaktif setelah menjalani rapid test. Angka itu kemudian terus bergerak naik.

"Kami terima laporan dari petugas kesehatan ada 12 orang lagi. Jumlah totalnya menjadi 31 orang," ungkapnya.

Langkah penindakan seperti yang dijalankan pada Kamis (19/11/2020) malam merupakan perintah pimpinan Polri. Perintahnya tegas, yakni membubarkan kegiatan yang melanggar prokes.

"Kami sudah koordinasi dengan forpimka agar hiburan di lokasi hajatan tidak diberi ijin. Pengajian yang sifatnya mendatangkan massa dalam jumlah besar pun kita minta untuk tidak digelar," pungkas Kapolsek Cluring.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Banyuwangi, dr Widji Lestariono, mengatakan bahwa jumlah warga yang terkonfirmasi corona belum ada tanda - tanda melandai. Itu berarti angkanya belum ada penurunan.

"Kita minta warga tetap menjalankan protokol kesehatan. Klaster perkantoran yang semula turun kini muncul lagi. Diantaranya Pengadilan Negeri Banyuwangi, Dinas Perhubungan, termasuk Dinas Kesehatan sendiri. Anggota kami ada delapan yang terpapar," urainya. SUBAHRODIN YUSUF 

Sebelumnya Wakil Gubernur Bali Cok Ace Gandeng Stakeholder Bangkitkan Pariwisata Bali Ditengah Pandemi COVID-19
Selanjutnya Terima Audiensi IMTB, Wagub Cok Ace Dukung Bali Kembangkan Pariwisata Kesehatan