..
PT INKA Terima Pekerja Tamatan SMK
Menteri BUMN Rini Soemarno meninjau keahlian siswa SMKN 1 Glagah, Banyuwangi, usai menandatangani nota kesepahaman pembukaan dua kelas jurusan industri kereta api di sekolah ini.

PT INKA Terima Pekerja Tamatan SMK

BANYUWANGI - Menteri BUMN Rini Soemarno menekankan agar PT Industri Kereta Api (INKA) bisa menyerap tenaga kerja dari lulusan SMK. Permintaan itu diutarakan ketika berkunjung di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Glagah, Banyuwangi.

"Pihak sekolah yang sudah bekerja sama dengan PT INKA supaya bergerak cepat agar muridnya mendaftar sebagai pekerja," tegasnya, Rabu (17/7/2019).

Kereta merupakan industri unggulan di Indonesia. Di Banyuwangi terdapat pabrik kedua PT INKA yang berlokasi di Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro yang sedang dalam proses pembangunan. Pabrik ini terbesar dan mengalahkan pabrik pertama di Madiun karena dibangun di atas lahan 82 hektar.

"Di dalamnya ada beberapa pabrik. Lokomotif diesel kerjasama dengan Amerika. Dengan Swiss untuk pembuatan kereta listrik," terang Rini Soemarno.

Saat itu, Menteri BUMN juga menyarankan supaya PT INKA ganti nama. Masalahnya saat ini tidak ada lagi kereta uap yang sumber tenaganya berasal dari kayu yang dibakar.

"Yang ada hanya kereta diesel dan listrik," tekan Rini.

Menteri_BUMN_1

Direktur Utama PT INKA Budi Noviantoro ternyata telah mempersiapkan diri untuk menjadi jawab tantangan Menteri BUMN. Di SMKN 1 Glagah sudah dibuka dua kelas jurusan industri kereta.

"Bagi lulusan sekolah binaan PT INKA yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi silahkan mendaftar sebagai pekerja. Setelah lulus seleksi akan menjalani pelatihan di Madiun selama tiga bulan, lalu langsung kerja," paparnya.

Setelah membangun pabrik kedua di Banyuwangi, PT INKA membutuhkan 4-5 ribu karyawan. Dirinya berharap para pekerja itu berasal dari warga lokal dan telah memiliki keahlian khusus soal perkeretaapian.

"Kami membuka dua kelas khusus industri kereta di SMKN 1 Glagah dalam rangka menyiapkan tenaga kerja itu," jawab Budi kepada wartawan.

Selain SMKN 1 Glagah, PT INKA juga melakukan vokasi binaan dengan beberapa sekolah kejuruan di Banyuwangi dan Jember. Diantaranya SMK Ihya Ulumudin Singojuruh, SMK Muhammadiyah Rogojampi, serta satu  SMK di Jember. SUBAHRODIN YUSUF

Sebelumnya Diduga Selingkuh, Oknum Perwira Polda Bali Dilaporkan Istrinya
Selanjutnya Pemkab Badung Polisikan Pemalsu Izin Penutupan Sungai