..
PKB, PKS, Demokrat Bersatu Usut Lepasnya Ijen
Peta ini menunjukkan sebagian Kawah Ijen yang masuk Bondowoso

PKB, PKS, Demokrat Bersatu Usut Lepasnya Ijen

BANYUWANGI - Tiga fraksi di DPRD Banyuwangi akan menggunakan haknya untuk menelusuri lepasnya 1/3 wilayah Ijen ke pangkuan Pemkab Bondowoso. Trio fraksi itu terdiri dari PKB, Demokrat dan PKS.

"Kami sudah melakukan komunikasi dengan Demokrat dan PKS, intinya sepakat untuk menggunakan hak kami untuk menelusuri soal lepasnya sebagian Ijen," kata Ketua Fraksi PKB di DPRD Banyuwangi, Hj Siti Mafrochatin Ni'mah.

Soal hak apa yang akan dipilih, interpelasi atau angket masih belum digodok. Menurut anggota dewan dengan panggilan Hajjah Ni'mah, khusus PKB sejak awal memilih hak angket sehingga bisa melakukan penyelidikan.

"Untuk Demokrat pilih interpelasi. PKS semula pilih hak angket, tapi kemudian entah dapat masukan darimana mau interpelasi," jelas Hajjah Ni'mah, Sabtu (3/7/2021) malam.

Mengenai hak apa yang akan digunakan tiga fraksi tersebut, tambah Bu Nikmah, akan dimatangkan lagi melalui komunikasi lintas fraksi. Tapi intinya ketiga fraksi ini sepakat untuk menelusuri soal Ijen.

"Senin (5/7/2021) kami berencana mulai gerak dengan mengirimkan surat. Kalau dihitung formasi kami ada 17 kursi. PKB sembilan, Demokrat enam, PKS dua," tegasnya.

Kesiapan PKS untuk bergabung bersama PKB dan Demokrat dibenarkan oleh Ketua PKS Banyuwangi, Faisol Azis. Dua perwakilan PKS di DPRD Banyuwangi sudah diperintahkan untuk berjuang mengembalikan Ijen.

"Kami sudah perintahkan dua anggota kami untuk melakukan komunikasi," tegas Faisol.

Dinamika politik di DPRD Banyuwangi dinamis sejak peristiwa penandatanganan berkas berita acara kesepakatan tapal batas Banyuwangi dan Bondowoso dilakukan oleh Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas pada 3 Juni 2021 di Surabaya. Masalah ini tambah ramai ketika beredar surat pencabutan tanda tangan pembatalan peristiwa 3 Juni 2021 itu dengan alasan Bupati Ipuk merasa ditekan saat membubuhkan tanda tangan. Tapi Pemprov Jatim melalui surat jawabannya menyanggah hal itu. SUBAHRODIN YUSUF

Sebelumnya Soal Lepasnya Ijen, Mantan Wabup Beri Kesaksian Mengejutkan
Selanjutnya Lambung Depan Bocor, Sempat Ditarik Tapi Tenggelam