..
Pemprov Jatim Restorasi Mangrove di Teluk Pangpang
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berdialog dengan pejabat terkait saat restorasi mangrove di Teluk Pangpang Banyuwangi

Pemprov Jatim Restorasi Mangrove di Teluk Pangpang

BANYUWANGI - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menanam mangrove di Kawasan Ekosistem Esensial (KEE) Teluk Pangpang, Desa Wringin Putih, Kecamatan Muncar, Banyuwangi. Kegiatan ini dalam rangka restorasi gambut serta mangrove.

"Restorasi gambut dan mangrove tahun ini ditargetkan 34 ribu hektar. Sambil menunggu peta dari Kementerian LHK, kita mendahului penanaman mangrove dengan para pejabat terkait serta para relawan," urai Khofifah.

Terdapat beberapa daerah yang disiapkan untuk restorasi mangrove. Selain Banyuwangi, Kabupaten Gresik telah lebih dulu melakukan restorasi bakau.

"Kemarin kita turun di Ujung Pangkal Gresik, hari ini di Muncar, Kabupaten Banyuwangi dan awal November kita akan turun di Probolinggo serta Bangkalan," terang mantan Menteri Sosial, Jumat (29/10/2021).

Apa yang dilakukan Pemprov Jatim merupakan langkah mendahului. Restorasi mangrove yang dijalankan di Gresik dan Banyuwangi digelar sebelum pemetaan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). Langkah mendahului ini diambil dalam rangka melakukan pemetaan di wilayah strategis lain yang bisa dikembangkan restorasi mangrove untuk membangun ekosistem laut dan lingkungan serta antisipasi terhadap bencana.

"Kita menunggu dari Kementerian LHK melalui Tim Badan Restorasi Gambut dan Mangrove. Sebelum itu turun kita sudah mendahului. Silahkan peta mereka dimana, nanti kita berseiring. Tapi kita sudah melakukan proses penanaman mangrove. Harus dilakukan percepatan dan sinergi. Pada hari yang sama bisa saja (nanti) dilakukan di banyak titik sesuai peta dari Badan Restorasi Gambut dan Mangrove," papar Gubernur Khofifah.

IMG_20211029_094455

Sebelum dilakukan restorasi mangrove, di Probolinggo warga harus mencari ikan jauh dari tempat tinggalnya. Kini 8 kecamatan di daerah itu mencari ikan di sekitar mangrove.

Kadis Kehutanan Jawa Timur Jumadi mengatakan, bakau yang ditanam di Banyuwangi seluas 100 hektar. Sebanyak 25 hektar bersumber dari dana APBD. Kemudian dari APBN sekitar 75 hektar.

"Di KEE meliputi di 4 desa di dua kecamatan (Muncar dan Tegal Dlimo). Itu untuk dana APBD. Yang 75 hektar masuk ke wilayah Kecamatan Pesanggaran. Jadi di Banyuwangi ada tiga kecamatan," ulas Kadis Kehutanan.

KEE Teluk Pangpang merupakan area dilindungi. Di kawasan seluas 1.663,71 hektar ini terdapat 43 jenis burung dan 18 bilvalia. Burung - burung itu sebagian migran dari Benua Australia. Burung migran tersebut antara lain Dara Laut-biasa, Dara Laut-jambul, Gajahan Erasia, Gajahan Penggala, Cangak Besar dan Bangau Tongtong. SUBAHRODIN YUSUF

Sebelumnya Bobol Dana Nasabah, Wanita Cantik ini Dihukum 8 Tahun
Selanjutnya Mantan Anggota DPR RI Turut Prihatin atas Kasus Zaenal Tayeb