..
Pasukan Rider Bebaskan Karyawan PT BSI

Pasukan Rider Bebaskan Karyawan PT BSI

BANYUWANGI - Pasukan Rider dari Batalyon 509 melakukan upaya pembebasan terhadap sejumlah karyawan PT Bumi Suksesindo (BSI). Drama pembebasan sandera ini berlangsung dramatis dan mirip kejadian aslinya.

"Padahal hanya latihan tapi bikin keder. Mendadak muncul rentetan tembakan setelah salah satu pimpinan kami di External Affairs menanyakan apakah diantara kami ada yang punya riwayat penyakit jantung," tutur Communication Affairs Supervisor, Muhammad Mukid.

Seluruh pegawai diperintah untuk tiarap. Ketika salah satu pimpinan hanya menunduk di meja, teriakan itu kembali terdengar diikuti rentetan tembakan.

"Kaki ku sampai sakit karena menahan diri di lantai. Semua tegang karena seperti sungguhan," imbuh Mukid.

Operasi pembebasan sandera ini disaksikan oleh Panglima Divisi II Kostrad, Mayjen Andi Muhammad. Latihan ini merupakan satu diantara lima materi yang harus dikuasai Pasukan Rider.

"Ada 5 materi khusus, seperti tadi digambarkan manajemen PT BSI disandera teroris, lalu kita datang untuk membebaskan," jelas perwira tinggi TNI AD.

IMG-20211019-WA0021

Panglima Divisi II Kostrad Mayjen Andi Muhammad didampingi manajemen PT BSI 

Lima materi yang dilatihkan antara lain Rider Penghancuran, Rider Pembebasan Tawanan, Operasi Lawan Urgen dengan medan hutan dan pegunungan, Operasi Mobilitas Udara, dan Pertempuran Jarak Dekat.

"Operasi Mobilitas Udara menggunakan helikopter saat latihan diadakan di home base. Untuk materi Tempur Jarak Dekat wajib diajarkan untuk menghadapi daerah operasi," terang perwira tinggi TNI AD.

Di Divisi II Kostrad terdapat 9 Batalyon Rider. Pada Tahun Anggaran 2021 ini ada 4 batalyon yang mengikuti latihan. Tujuannya agar Pasukan Rider lebih mahir dan profesional menggunakan taktik dan tehnik.

"Kedepan tantangan yang dihadapi TNI akan semakin komplek. Makanya Rider harus mahir melakukan latihan teknis dan taktis," tambah jenderal bintang dua.

Selain berlatih di markas atau home base, Rider juga mengikuti latihan di medan rawa serta laut. Latihan ini dijalani selama berminggu - minggu. Selasa (19/10/2021), 400 Pasukan Rider mengakhiri latihan di Pulau Merah Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Penutupan latihan dipimpin Mayjen Andi Muhammad. SUBAHRODIN YUSUF

Sebelumnya Saksi Ahli dari JPU Sebut Kasus Zaenal Tayeb Tepatnya ke Perdata
Selanjutnya H Sumail Abdullah Cek Penerima BSPS