..
Pasca Covid-19 Stok Darah Menipis, KPU Bali Buka Donor

Pasca Covid-19 Stok Darah Menipis, KPU Bali Buka Donor

Suksesinews.net, Denpasar - KPU Provinsi Bali melaksanakan kegiatan donor darah disaat pandemi Covid-19. Donor darah ini untuk membantu Palang Merah Indonesia (PMI) Bali dalam menjaga stok darah.

"Dalam kegiatan ini terkumpul 35 kantong darah yang di fasilitasi oleh PMI Bali. dimana peserta donor darah ini diantaranya ketua KPU Provinsi Bali dan ketua dan anggota KPU Kabupaten/Kota, sekretaris dan staf, PPK dan jurnalis," ucap Ketua KPU Denpasar, I Wayan Arsa Jaya di Denpasar, Senin (13/4).

Dalam kegiatan ini, lanjut Arsa, sangat memperhatikan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan memutus penyebaran pandemi COVID-19.

Dimana peserta datang secara bergiliran untuk menghindari kerumunan banyak orang dan KPU Kota Denpasar penyemprotan disinfektan secara rutin pagi dan sore secara swadaya.

"Kami juga menyediakan hand sanitizer dan tempat cuci tangan portable, menerapkan physical distancing serta mewajibkan seluruh peserta menggunakan masker," katanya.

Sementara itu, Kordinator unit Transfusi Darah PMI Bali I Made Geria menjelaskan bahwa stock pasokan darah di unit transfusi darah PMI Bali saat ini dalam kondisi kekurangan stock darah, karena pasca merebaknya Covid-19.

"Banyak kelompok donor menunda kegiatan donornya, sehingga kebutuhan darah berkisar 120 kantong per hari yang biasanya bersumber dari sukarelawan, namun saat ini pendonor turun drastis sampai 50 persen sehingga menjadi kendala bagi PMI dalam memenuhi pasokan darah," katanya

Atas kekurangan pasokan tersebut, harapannya kepada keluarga pasien untuk bersedia mendonorkan darahnya, sehingga dapat membantu pemenuhan kebutuhan darah PMI sebagai pengganti. Jro/suksesinews

Sebelumnya Pasangan Lesbi Pembawa 2 Kg Sabu dan Ratusan extasi Dilimpahkan
Selanjutnya Daops 9 Jember Istirahatkan Operasi 9 KA, Sritanjung dan Mutiara Timur Masuk Daftar