..
Para Pedagang Pasar Badung Lakukan Tes Swab di Tempat

Para Pedagang Pasar Badung Lakukan Tes Swab di Tempat

Suksesinews.net, Denpasar - Buntut dua pedagang di Pasar Badung dinyatakan positif covid-19, Dinas Kesehatan Kota Denpasar langsung mengambil langkah cepat dengan melakukan tes swab terhadap sejumlah pedagang di pasar tersebut.

Tes Swab yang dilakukan pihak Puskesmas I Denpasar Barat bersama Perumda Pasar Sewakadarma Kota Denpasar, dilakukan langsung di tempat, Sabtu (6/6). Hanya saja areal pasar ini tidak dilakukan isolasi, para pedagang san pembeli masih bebas melakukan aktifitas.

Dirut Perumda Pasar Sewakadarma Kota Denpasar, IB Kompyang Wiranata menjelaskan bahwa pelaksanaan Swab Test ini sebagai tindak lanjut atas  adanya dua orang pedagang Pasar Badung yang dinyatakan positif Covid-19.

Selain untuk memastikan kondisi kesehatan pedagang sekitar, hal ini juga sebagai upaya memberikan rasa aman dan nyaman serta sehat bagi pengunjung dan pedagang Pasar Badung.

"Setelah berkordinasi dengan Puskesmas I Denpasar Barat, kami langsung laksanakan Swab Tes untuk pedagang dalam radius 10 meter dari lokasi lapak pedagang yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19," ujarnya

Dirinya juga menjelaskan bahwa untuk saat ini lokasi pedagang yang dinyatakan Positif Covid-19, untuk sementara waktu tempatnya akan ditutup selama 14 hari.

Sedangkan untuk pedagang yang bersebelahan pada radius 10 meter akan ditutup sementara selama 3 hari. "Hanya lapak areal pedagang yang bersebelahan dalam radius 10 meter saja akan ditutup selama 3 hari," jelasnya.

Kata dia, sambil menunggu hasil Swab Tes, apabila hasilnya semua negatif maka pedagang disebelahnya bisa dibuka setelah 3 hari.

"Untuk mensterilkan lokasi dan seluruh areal pasar Badung kami lakukan disinfeksi dengan melakukan penyemprotan disinfektan setiap hari, sehingga lokasi tersebut bisa steril,"  ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, dua orang pedagang yang berjualan di Pasar Badung Kota Denpasar dinyatakan positif Covid-19. Kedua orang tersebut merupakan pasutri asal Penatih Denpasar dan kesehariannya berjualan daging ayam di lantai I Pasar Badung. 

Dikatakan, dua pedagang ini diketahui positif Covid-19 setelah dilakukan tes swab secara sampling di Pasar Badung menyusul adanya salah satu warga yang positif Covid-19 dan diketahui sering berbelanja di Pasar Badung. rie/suksesinews

Sebelumnya 20 Warga Binaan Lapas Bangli Dilatih Membuat Anyaman Bambu
Selanjutnya Wagub Bali Apresiasi Langkah MUI Gelar Donor Darah di Tengah Pandemi