..
Panwascam Genteng Usir Cabup 01, Tim Pemenangan Protes Keras
Ketua Panwascam Genteng Catur Maryati ketika membubarkan acara pentas seni di RTH Maron Genteng

Panwascam Genteng Usir Cabup 01, Tim Pemenangan Protes Keras

BANYUWANGI – Kejadian kurang menyenangkan menimpa Cabup 01 Yusuf Widyatmoko. Sewaktu menghadiri pentas seni peringatan Hari Pahlawan yang digelar Paguyuban Seniman Asli Banyuwangi (PSAB) di RTH Maron, Genteng, Selasa (10/11), tiba - tiba diusir oleh Ketua Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Genteng, Catur Maryati.

“Kepada Paslon 01 Pak Yusuf untuk meninggalkan tempat ini karena acara pentas seni termasuk acara yang dilarang sesuai aturan,” katanya.

Video kejadian ini menyebar dengan cepat di grup WhatApps (WA) maupun Facebook (FB). Di situ, Ketua Panwascam Genteng juga menyampaikan bahwa sebelumnya dia telah memberi Surat Peringatan (SP) kepada panitia penyelenggara.

“Acara dilanjut monggo, tapi untuk Paslonnya bisa melanjutkan perjalanan,” ucap Mariyati.

Sontak perbuatan Ketua Panwascam Genteng tersebut langsung berbuah kegaduhan. Pihak panitia, masyarakat serta pendukung paslon Yusuf – Riza (Yuriz) seketika muntab. Mereka yang sudah tersulut emosi spontan protes keras. Dan acara pentas seni peringatan hari Pahlawan yang sebelumnya damai mendadak jadi kisruh.

“Acara kami ini bukan kampanye, ini pentas seni panggung apresiasi hari Pahlawan, dilokasi juga tidak ada APK, Mas Yusuf juga hanya sekedar mampir. Etika petugas Panwascam dimana, kok tiba – tiba naik keatas pentas tanpa minta izin panitia,” ketus Ketua panitia pentas seni, Gito Misbah.

Untuk diketahui, di acara pentas seni yang digelar para seniman PSAB, di RTH Maron Genteng, Cabup Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko, hadir bersama Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto. Ikut mendampingi sejumlah relawan duet Yusuf – Riza.

Kepada wartawan, Michael menilai apa yang dilakukan Ketua Panwascam Genteng, Catur Mariyati, diduga telah melampaui kewenangan. Serta diduga terdapat unsur kesengajaan untuk menimbulkan kegaduhan. Terlebih pengusiran terhadap Cabup Banyuwangi nomor urut 01, Yusuf Widyatmoko, tersebut dilakukan tanpa ada dampingan petugas Satpol PP dan kepolisian.

“Dari kejadian hari ini, kami tidak akan diam. Karena kami tahu ada kegiatan kampanye Cabup lain bisa bebas melakukan pentas seni dan tidak ada petugas Panwascam yang membubarkan,” cetusnya.

Wakil Ketua DPRD Banyuwangi ini juga menyampaikan bahwa pihaknya akan melakukan kajian terkait indikasi keberpihakan penyelenggara Pilkada 2020 di Banyuwangi. Jika ditemukan, akan diproses sesuai prosedur yang berlaku.

Komisioner Divisi Hukum Humas dan Data Informasi Bawaslu Banyuwangi, Hasyim Wahid, menjelaskan bahwa tiga komisioner Bawaslu sedang melakukan penelusuran ke Panwascam Genteng. Sehingga pihaknya dapat mengambil sikap berdasarkan fakta.

"Kenapa sampai terjadi pengusiran, apakah alasannya seperti yang di video beredar. Supaya sikap kami tidak berdasarkan informasi yang sepotong - sepotong," jelasnya. SUBAHRODIN YUSUF

Sebelumnya Edarkan Sabu dan Pil Koplo, Pemuda ini Dihukum 6,8 Tahun
Selanjutnya Terkait Pembubaran Pentas Seni, Netizen Posting Perlakuan Berbeda