..
Mengenal Kampung Sidat, Desa Binaan Lanal Banyuwangi
Inilah ikan air tawar yang dipiara dalam selokan oleh warga Dusun Rejopuro, Desa Kampunganyar, Kecamatan Glagah. Danlanal Banyuwangi Letkol Yulius Azz Zaenal melihat ikan tersebut.

Mengenal Kampung Sidat, Desa Binaan Lanal Banyuwangi

BANYUWANGI - Warga Dusun Rejopuro, Desa Kampunganyar, Kecamatan Glagah, punya cara unik menyadarkan masyarakat untuk tidak membuang sampah di selokan. Langkahnya dengan memiara ikan di sepanjang aliran parit.

"Setelah selokan kita kasih ikan ternyata kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan terutama di parit meningkat," begitu tutur Joko Suharno, tokoh warga setempat.

Ikan yang diberdayakan ada jenis wader, nila, mujaher dan oling. Khusus sidat dipiara warga di sebuah kolam yang letaknya satu lokasi Wisata Pemandian Jopuro.

Ikan - ikan dapat dilihat wisatawan di sepanjang pintu masuk wisata yang mengandalkan aliran air pegunungan. Para pengunjung tidak hanya bisa melihat, tapi dapat pula memberikan pakan dan menyaksikan aksi berkoloni ikan air tawar.

"Pokdarwis sudah dua tahun kami bentuk. Kebetulan saat ini memasuki tahun kedua," tambah Joko.

IMG-20200126-WA0028

Joko berjuang tidak sendiri. Pangkalan TNI AL Banyuwangi turut memberi pendampingan. Sebanyak 65 rumah tidak layak huni (RTLH), kata Komandan Pangkalan TNI AL Banyuwangi, Letkol (Laut) Yulius Azz Zaenal, yang berada di desa tersebut direvitalisasi.

"Tahun 2019 RTLH yang kita bedah 65 unit. Di Dusun Rejopuro 55 rumah dan 10 unit di dusun sebelah," terangnya, Minggu (26/1/2020).

Kampung Sidat Dusun Rejopuro, Desa Kampunganyar, memang identik dengan ikan oling. Namun, menurut Letkol Yulius, Kampung Sidat merupakan kependekan dari Kampung Seni dan Adat.

"Jangan salah, banyak seniman lahir dari dusun kecil ini. Termasuk Bima Suci, grup musik etnig yang tadi eksis. Mereka baru sebulan dibentuk sudah mampu manggung," ujar Danlanal.

Tahun 2020 ini, Lanal Banyuwangi terus melakukan pendampingan. Salah satunya kembali meluncurkan program revitalisasi RTLH. Bedanya dengan tahun lalu, jumlah rumah yang disasar bertambah dan ada pengadaan jamban.

"Pada 2019 TNI AL dapat 265 rumah. Warga penerima menyebar tidak hanya di Desa Kampunganyar. Program ini menyasar rumah warga miskin yang bersertifikat. Tahun 2020 rencana 300 rumah hasil kerjasama Pemprov Jatim dan Lantamal V Surabaya," pungkasnya. SUBAHRODIN YUSUF

Sebelumnya Panitia Jamin Tak Ada Joki di Tes CPNS, Pemeriksaan Bakal Berlapis
Selanjutnya Terkait Wabah Corona di Tiongkok, Bali Kintamani Festival Diundur