..
Mantan Karyawan Curi Uang Ratusan Juta
Ini bukan uang mainan. Melainkan uang barang bukti yang dicuri Al Qodiri dan Bambang Sugito dari kediaman Sugeng Prayogo di depan Kantor Kecamatan Banyuwangi

Mantan Karyawan Curi Uang Ratusan Juta

BANYUWANGI – Pembobol rumah di depan Kantor Kecamatan Banyuwangi terungkap. Maling yang beraksi dan berhasil menggasak uang Rp 225 juta plus sejumlah perhiasan dan mata uang asing ternyata berjumlah dua orang.

Siapakah keduanya? Kamis (8/8/2019), aparat Kepolisian Resor Banyuwangi mengeluarkannya dari sel tahanan untuk dirilis kepada awak media. Mochammad Al Qodiri (25), asal Dusun Dadapan Utara, Desa Dadapan, Kecamatan Kabat dan Bambang Sugito (30), warga Dusun Pangestulan, Desa Singolatren, Kecamatan Singojuruh, menjadi dua tersangka atas dugaan tindak pidana pencurian yang menyasar kediaman plus toko milik Sugeng Prayogo (68), di Jalan Jenderal Ahmad Yani 112 Kelurahan Tamanbaru, Kecamatan Banyuwangi.

Pencurian itu dijalankan pada pukul 01.00 WIB, Minggu (4/8/2019). Penjelasan Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi SIK, kedua pelaku meluncur menuju lokasi yang disasar mengendarai Toyota Agya warna hitam. Tiba di dekat TKP, kedua pelaku mengeluarkan tangga dari dalam mobil.

“Tangga itu dipasang dekat rumah orang yang berdekatan dengan kediaman Pak Prayogo. Keduanya lantas memanjat tangga dan masuk ke atas genteng kediaman korban dengan cara menghindari kawat berduri yang terpasang di atas tembok,” jelasnya.

Minggu dini hari itu, dua ekor anjing yang menjaga rumah korban menggonggong. Karena Prayogo tak di rumah, aksi kedua pelaku terus berjalan lancar. Sebelas genteng diturunkan, lalu masuk ke langit-langit. Agar leluasa turun ke lantai, plafon rumah dijebol menggunakan linggis.

“Semula pelaku yang masuk di ruang tamu, kamar bagian timur serta membuka laci tak menemukan apapun. Selanjutnya para pelaku mematikan stop kontak CCTV bahkan mematahkan cameranya,” terang Kapolres.

Duo pelaku baru mendapatkan barang yang dicari setelah masuk ke kamar utama. Di dalam lemari terdapat brankas dan membukannya menggunakan kunci asli yang disimpan sang pemilik di dalam laci. Di situlah isi barang jarahan disimpan dan disikat oleh keduanya.

“Uang tunai dalam bentuk rupiah maupun mata uang asing berada dalam brankas. Termasuk pula sejumlah perhiasan emas kepunyaan korban. Disamping isi dalam brankas, pelaku bahkan mengambil satu unit camera,” lanjut AKBP Taufik.

Uang hasil curian dimasukkan oleh tersangka ke dalam lima tas plastik warna hitam. Lima tas kresek itu kemudian dilempar ke luar tembok sisi selatan. Selanjutnya uang hasil jarahan dimasukkan ke dalam travel bag dan dibawa kabur. Kasus ini terungkap berdasarkan rekaman CCTV dan olah TKP petugas. Al Qodiri ternyata mantan karyawan korban. SUBAHRODIN YUSUF

Sebelumnya Bertemu Pencuri Motornya, Begini Reaksi Guru SMPN 4 Genteng
Selanjutnya Malang! Bayi Perempuan Dibuang di Tempat Sampah