..
Lambung Depan Bocor, Sempat Ditarik Tapi Tenggelam

Lambung Depan Bocor, Sempat Ditarik Tapi Tenggelam

BANYUWANGI - Kecelakaan laut kembali mengejutkan warga Banyuwangi. Setelah Kapal Motor Penumpang (KMP) Yunicee, ganti Kapal Motor (KM) Sahabat Berkah Bahar 02. Kapal nelayan penangkap ikan ini tenggelam di dekat Pelabuhan Ikan Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur.

Musibah ini dikabarkan oleh Komandan Lanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Eros Wasis. KM Sahabat Berkah Bahar 02 tenggelam akibat mengalami kebocoran di Perairan Beringinan pada Minggu 04 Juli 2021.

"Peristiwanya pukul 16.00 WIB. Kapal itu bocor di bagian lambung depan," ulas Danlanal, Minggu (4/7/2021) malam.

Untung saja tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Meskipun material kapal karam di laut namun anak buah kapal (ABK) KM Sahabat Berkah Bahar 02, Sulam dan Krisna, dipastikan selamat.

"ABK KM Sahabat Berkah Bahar 02 sempat minta tolong KM Apal Pal 02 milik PT Aotore Mutiara yang dinahkodahi oleh Syarifudin. Kemudian kapal nahas itu ditarik menuju darat oleh KM Apal Pal 02," sambung perwira menengah AL yang juga seorang penerbang.

Ternyata tidak hanya kebocoran di bagian lambung depan yang menyebabkan KM Sahabat Berkah Bahar 02 meminta pertolongan. Mesin penyedot air juga rusak. Proses penarikan ternyata mengalami sejumlah hambatan dan butuh waktu kurang lebih 3 jam.

"Sampai di Perairan Sembulungan, kapal tersebut tenggelam karena dihantam ombak dari belakang. Tetapi kapal itu tetap ditarik oleh KM Apal Pal 02 sampai pintu depan kolam Pelabuhan Perikanan Muncar. Kejadian pukul 16.00 WIB, tiba di tepi pukul 19.00 WIB," papar Danlanal Banyuwangi.

Senin (5/7/2021) siang rencananya akan digelar proses evakuasi kapal oleh tim gabungan TNI AL serta Basarnas. Itu dilakukan agar material kapal yang karam tidak mengganggu keluar masuk kapal ikan yang lain.

"Material kapal tersebut berada di kedalaman 10 meter. Kita khawatir akan mengganggu lalulintas kapal lain. Ingat, Pelabuhan Muncar merupakan pelabuhan tersibuk kedua di Indonesia," tukasnya.

Kecelakaan yang menimpa kapal ikan KM Sahabat Berkah Bahar 02 sungguh mengejutkan. Sebab, paginya, petugas gabungan baru saja tuntas mengevakuasi salah satu korban penumpang KMP Yunicee di sekitar Tanjung Sembulung anda Muncar. KMP Yunicee tenggelam di Selat Bali, tepatnya dekat Pelabuhan Gilimanuk Jembrana, Bali usai melakukan pelayaran dari  Pelabuhan Ketapang Banyuwangi. Sejauh ini petugas gabungan masih melakukan pencarian terhadap korban yang belum ditemukan. SUBAHRODIN YUSUF

Sebelumnya PKB, PKS, Demokrat Bersatu Usut Lepasnya Ijen
Selanjutnya Fraksi Golkar Dilarang Kunker