..
KOPAT Yakin Cabup 01 Menang, Mitos Ini Rujukannya

KOPAT Yakin Cabup 01 Menang, Mitos Ini Rujukannya

BANYUWANGI – Tokoh Komunitas Osing Pelestari Adat Tradisi (KOPAT) meyakini Calon Bupati Yusuf Widyatmoko bakal jumeneng menjadi Bupati Banyuwangi. Keyakinan itu berdasarkan mitos yang berkembang di lingkungan tinggalnya.

“Hang ngidek lemhe Syeh Jangkung Saridin, Insyaallah dadi paran hang dikekarepaken. Wis pirang-pirang calon lurah (kepala desa –Red), teka merene langsung dadi. Kadhung Pak Yusuf wis dadi bupati lan umahe ring pendopo, arep duwe gawe adat Osing mereneo bain. Kabeh komplit, mulai tradisi sunatan, ruwatan, penganten Osing lan liya-liyane," begitu ucapnya dalam Bahasa Osing yang kental.

Ucapan Kang Usi (panggilan Sanusi) punya arti "Siapa saja yang menginjak bumi Syeikh Jangkung Saridin, Insyaalloh jadi apa yang menjadi keinginanannya. Sudah beberapa kali calon kepala fesa datang ke sini langsung jadi. Kalau Pak Yusuf sudah jadi Bupati Banyuwangi rumahnya di pendopo, mau punya hajat apa saja bisa datang ke sini. Semua ada, mulai dari tradisi sunatan, ruwatan, pengantin Osing dan lain-lainnya”. Saat itu, Cabup 01 Mas Yusuf memang sowan ke Dusun Dukuh, Desa/Kecamatan Glagah, menemui KOPAT didamping Ketua Tim Pemenangan Yuriz, dr. Taufiq Hidayat.

IMG_20201014_081356

Dr. Taufiq Hidayat yang juga mantan Ketua Dewan Kesenian Blambangan (DKB) mengaku bangga bisa hadir di tengah-tengah KOPAT yang sampai sekarang masih menggunakan Bahasa Osing saat berkomunikasi dengan teman-teman dan keluarga di Banyuwangi.

“Semoga KOPAT ada selamanya dan bisa melestarikan adat, tradisi Osing yang masih ada. Mas Yusuf jika mendapat amanah menjadi Bupati Banyuwangi, harus melestarikan adat dan tradisi Osing. Sebagai penguasa di Bumi Blambangan, di sinilah tempat orang Osing tinggal,” tegas dr. Taufiq.

Komunitas Osing Pelestari Adat Tradisi (KOPAT) resmi didirikan di Dusun Dukuh, Desa/Kecamatan Glagah, (Selasa, 13/10/2020). Dengan berdirinya komunitas tersebut, Sanusi, atau akrab dipanggil Kang Usik yang ditunjuk sebagai pembina langsung mengundang Calon Bupati Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko. SUBAHRODIN YUSUF

Sebelumnya Ambil Duit Untuk Kepntignn Pribadi , Bos BPR Legian Dituntut 12 Tahun
Selanjutnya Depresi Covid-19, Bakar Warung dan Mobil Orang Dihukum 4 Tahun