..
KM Victori Utama Terbakar di Pelabuhan Tanjungwangi

KM Victori Utama Terbakar di Pelabuhan Tanjungwangi

BANYUWANGI - Kebakaran menimpa Kapal Motor (KM) Victori Utama. Kapal penangkap ikan ini terbakar saat lego jangkar di perairan Pelabuhan Tanjungwangi, Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi, Jawa Timur.

Api yang membakar kapal asal Pekalongan, Jawa Tengah ini berhasil dipadamkan oleh kapal milik Pertamina dan Pelindo bersama jajaran Satpolair, SAR dan Tagana. Dari informasi yang dihimpun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran kapal ikan ini. Aparat kepolisian juga tengah melakukan penyelidikan.

Kepala Kamar Mesin (KKM) Victoria Utama, Eki Adiansyah (20) mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 07.30 WIB. Pertama kali api muncul diduga berasal dari bagian kanan kapal. Ketika itu kapal dalam keadaan kosong atau tanpa muatan. 

"Awal muncul percikan api dari bagian kanan," katanya, Rabu (26/2/2020).

Setelah keluar percikan, dengan cepat api menjalar ke beberapa bagian kapal. Meskipun, kata dia, sempat dipadamkan menggunakan alat pemadam api ringan (Apar) yang ada di kapal.

"Sempat saya semprot dengan apar satu tabung tapi api tetap menjalar," ujarnya.

Salah seorang ABK KM Victoria Utama, Firman Rudi Prawiro (25) menambahkan dirinya berada di dalam kapal bersama Eki. Setelah api membesar keduanya memutuskan untuk melompat ke perairan menyelamatkan diri.

"Pas api menjalar kita berdua loncat ke air untuk menyelamatkan diri," kata Eki.

Kasat Polair Polresta Banyuwangi AKP Sudarsono mengatakan, kebakaran ini menimbulkan kerugian Rp 2 miliar. Sebab kapal yang terbakar mencapai 80 persen.

"Dari hasil penyelidikan sementara, api berasal dari bagian kanan kapal. Tepatnya api muncul dari bagian mesin. Disitu terdapat kabel - kabel," pungkasnya. SUBAHRODIN YUSUF

Sebelumnya Tak Puas Hitungan KPU, Tim Satiyem Tolak Tanda Tangan
Selanjutnya Warga Pro Investasi Aksi di Pemkab Banyuwangi