..
Kakorsabhara : Jangan Paksakan Mudik

Kakorsabhara : Jangan Paksakan Mudik

BANYUWANGI - Kepala Korps Samapta Bhayangkara Baharkam Polri, Irjen Nanang Avianto, mengajak warga agar tetap di rumah saja. Apabila tidak perlu mudik lebih baik di rumah saja.

"Kita saling jaga saling mengingatkan, semuanya saja," seru Kakorsabhara.

Dulu, sewaktu normal aparat mengamankan orang saat mudik. Sekarang bagaimana caranya agar tetap di rumah saja untuk menjaga protokol kesehatan.

"Supaya tidak ada saudara terjangkit virus versi baru. Kalau lihat situasinya mencekam. Pengalaman seperti itu jangan terjadi di kita," harapnya.

Aparat sudah punya prosedur tetap penyekatan mudik Lebaran Idul Fitri 1442 H. Diantaranya kelengkapan surat kendaraan sampai rapid tes. Tujuannya agar warga yang mudik tidak menularkan virus korona ke warga lainnya. Jangan sampai juga surat - suratnya aspal.

"Manakala ada dari mereka terjangkit korona ada tempat untuk isolasi. Inilah yang dilakukan kita semua untuk mencegah penyebaran korona," imbuh Irjen Nanang.

IMG-20210511-WA0049

Tujuan penyekatan ini, menurut Irjen Nanang, justru untuk menyelamatkan rakyat. Penyekatan diterapkan agar Covid-19 tak meluas.

"Masyarakat sudah menunjukkan kedisiplinannya. Kalau mungkin ada yang nakal prosentasenya kecil," tutur Jenderal Nanang.

Tak hanya mudik antar kota luar propinsi yang dilarang. Mudik di area rayon atau eks karesidenan pun tak boleh. Namun kebijakan ini tergantung dari pemda di wilayah itu.

Di Banyuwangi, penyekatan dinilai berjalan baik. Tak hanya perbatasan darat saja yang disekat. Di laut pun diterapkan kebijakan serupa. Kapal Polisi milik Polairud Polda Jatim dan Polresta Banyuwangi siaga menyisir perairan Selat Bali. Bahkan pelabuhan tradisional turut pula diawasi. SUBAHRODIN YUSUF

Sebelumnya Kurir Sabu asal Ujung Pandang Dihukum 8 Tahun
Selanjutnya Masjid Lokasi Salat Id Disemprot Disinfektan