..
Kadus Sumberagung Dimutasi, Kinerja Kades Karangdoro Disorot
Poniman, Kadus Sumberagung yang dimutasi menjadi Kaur Umum

Kadus Sumberagung Dimutasi, Kinerja Kades Karangdoro Disorot

BANYUWANGI - Mutasi staf Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari, menuai polemik. Itu setelah posisi jabatan kepala Dusun Sumberagung yang selama ini dijabat oleh Poniman (52), digeser.

Sebagai ganti, pria kelahiran 1959 tersebut didapuk menjadi Kepala Urusan Umum. Penggantinya adalah Kaur Kesra, Saimun, yang merangkap jabatan Kadus Sumberagung. Pergeseran itu terjadi pada pertengahan September 2021 tanpa sepengetahuan Poniman.

"Sempat dipanggil ke kantor desa, tapi saya terus pulang. Tiba - tiba ada yang datang mengirim surat. Saya tidak membaca, tapi kata anak saya surat pergantian kepala dusun," kisah Poniman.

Kadus yang sudah 9 tahun menjabat itu pun berusaha menolak. Tapi tak berdaya dan menjalankan tugas baru di Urusan Umum. Karena merasa bukan bidangnya, Poniman merasa tak nyaman.

"Di era kepala desa lama tak ada masalah. Dulu saya terpilih melalui proses pemilihan pada 2012. Kok sekarang tiba - tiba dimutasi," keluhnya.

Kepala Desa Karangdoro, Sunaryo, belum bersedia memberikan penjelasan mengenai mutasi itu. Kades yang baru menjabat dua tahun ini meminta waktu.

"Mohon maaf saya ada acara mengurus keluarga, lain waktu ya," jawabnya.

Sesuai Permendagri No.67 Tahun 2017 memang dibolehkan kepala desa memutasi staf desa. Asalkan pergeseran itu dilakukan untuk peningkatan kerja. Namun proses pergantian tidak boleh asal copot. Kades harus terlebih dulu melakukan komunikasi dengan staf yang hendak diganti dan melaporkannya kepada camat. Karena jabatan staf di tingkat desa bersifat statis.

Patut diketahui, Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari merupakan daerah asal suami Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Abdullah Azwar Anas. Persoalan mutasi ini menjadi perbincangan di masyarakat setempat. SUBAHRODIN YUSUF

Sebelumnya Menonton Glen Kids Soccer Festival, Begini Penilaian Ketua Askab PSSI
Selanjutnya BP Percaya Diri Menatap Liga 3