..
Jelang Sidang PHP, KPU Pilih Gathering

Jelang Sidang PHP, KPU Pilih Gathering

BANYUWANGI - Jelang sidang pendahuluan Perselisihan Hasil Pemilu (PHP) di Mahkamah Konstitusi (MK), KPU Banyuwangi tak mau tertekan. Ketua KPU Dwi Anggraini Rahman bersama komisioner KPU lainnya justru menggelar gathering di Bos Pro Rafting Songgon, Sabtu (23/1/2021).

Kepada wartawan, Dwi Anggraini Rahman, menjelaskan kesiapan KPU menghadapi sidang pendahuluan yang sedianya digelar pada Selasa (26/1/2021). KPU bahkan telah menunjuk seorang pengacara ibukota untuk mendampingi gugatan PHP Yang dilayangkan pasangan calon 01 Yusuf Widyatmoko - KH Muhammad Riza Aziziy.

"Dari beberapa penawaran kita menunjuk satu orang dari Jakarta karena punya pengalaman pernah melakukan acara di MK," jelas Dwi Anggraini Rahman.

IMG_20210123_182724_1

KPU optimis akan memenangkan sengketa PHP di MK. Karena secara hasil tidak ada selisih yang diperdebatkan oleh Paslon 01 pada saat rekap di tingkat kabupaten.

"Mulai dari TPS, kecamatan dan kabupaten tidak ada selisih yang dipersoalkan Paslon 01. Yang dipersoalkan adalah dugaan pelanggaran yang dilakukan petugas adhoc kita. Itu sudah kita lakukan proses sidang. Maksimal sebelum tanggal 25 Januari kita sudah selesai terkait sidang etik," tambah Ketua KPU.

IMG-20210123-WA0075

Selain mempersoalkan petugas adhoc yang selfie di TPS dengan simbol seolah - olah memberi dukungan pada Paslon 02, Yusuf - Riza juga menggugat dugaan penyalahgunaan wewenang yang dilakukan Bupati Abdullah Azwar Anas.

"Materi gugatan yang kami ingat dua itu, soal petugas adhoc kami dan abuse of power bupati," terangnya lagi.

Dalam sidang pendahuluan Banyuwangi dapat giliran hari pertama bersama Kota Surabaya dan Kabupaten Lamongan. Sesuai jadwal sidang digelar pukul 16.00 WIB. Akibat gugatan PHP ini, pemenang Pilbup Banyuwangi 2020 ditunda penetapannya. SUBAHRODIN YUSUF

Sebelumnya Gubernur Koster Ikuti Rilis Data Kependudukan Secara Bersama-Sama BPS-Kemendagri
Selanjutnya Bawa 47 Paket Sabu, Remaja Pengangguran ini Dihukum 10 Tahun