..
Dua Awak Nanggala 402 Diusulkan Jadi Nama Jalan
Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Eros Wasis

Dua Awak Nanggala 402 Diusulkan Jadi Nama Jalan

BANYUWANGI - Komandan Pangkalan TNI AL Banyuwangi Letkol Laut (P) Eros Wasis mengusulkan agar dua awak Kapal Selam KRI Nanggala 402 yang gugur di Perairan Bali Utara diabadikan menjadi nama jalan. Pihak Lanal Banyuwangi telah mengajukan usulan itu ke Pemkab Banyuwangi.

"Jalan lingkar Ketapang itu belum ada nama jalannya. Atau nama jalan yang kecil pun, gang di depan Lanal Banyuwangi pun nggak apa - apa," ujar Letkol Eros Wasis yang selain pelaut juga seorang pilot.

Danlanal berharap usulan tersebut dapat terealisasi. Karena penetapan nama kedua personil Nanggala 402 sebagai nama jalan sebagai salah satu bentuk penghormatan terhadap para pahlawan.

"Presiden sudah membantu membuatkan rumah. Pendidikan sampai S1 bagi anak korban dari Kementerian Pendidikan juga sudah diadakan perjanjian secara khusus. Perhatian kita tidak hanya sampai disitu," ungkap Letkol Laut (P) Eros Wasis.

Disamping mengabadikan sebagai nama Jalan bagi dua kru Kapal Selam Nanggala 402 asli Banyuwangi, Sertu Ede (Anumerta) Pandu Yudha Kusuma dan Serka Mes (Anumerta) Dedi Hari Susilo, Lanal Banyuwangi akan membuat monumen kecil di sekitar Markas Lanal Banyuwangi atau di Pantai Boom. Monumen itu akan dilengkapi memorabilia yang menceritakan sejarah Kapal Selam Nanggala 402.

"Nanti kami menunggu surat keputusannya kalau ditetapkan sebagai pahlawan. Karena status gugurnya telah ditetapkan dan proses evakuasinya telah dihentikan," imbuh Danlanal, Rabu (16/6/2021).

Peringatan 40 hari tenggelamnya Kapal Selam Nanggala 402 telah diperingati pada 3 Juni 2021. Kapal perang ini mengalami musibah jelang latihan perang di Perairan Bali Utara pada 21 April 2021 lalu. Seluruh kru dinyatakan gugur. Sementara bangkai kapal tak berhasil diangkat dari kedalaman kurang lebih 838 meter. SUBAHRODIN YUSUF

Sebelumnya Masih Jadi TSK, Zaenal Thayeb Beri Kesaksian di Pengadilan
Selanjutnya Budidaya Lobster Keramba Dasar Laut Pesona Bahari GWD Percontohan Nasional