..
Direktur Puskaptis : Lelang Jabatan Inkonsistensi
Bupati Ipuk Festiandani ketika melantik pejabat eselon 3 dan 4 Jumat (5/11/2021) lalu.

Direktur Puskaptis : Lelang Jabatan Inkonsistensi

BANYUWANGI - Direktur Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Setrategis (Puskaptis), Mohamad Amrullah, menilai Pemkab Banyuwangi tidak konsisten dalam lelang jabatan.

Itu bisa dilihat dari proses pelantikan pejabat eselon 3 dan 4 beberapa waktu lalu.

"Puskaptis menyayangkan pelantikan ratusan pejabat eselon 3 dan 4 tanpa proses lelang jabatan. Reformasi birokrasi yang dijanjikan oleh Bupati Ipuk bagaimana mungkin menghasilkan birokrat yang berkualitas, sedangkan proses seleksi tertutup dan hanya melibatkan Baperjakat," kritik Amrullah.

Jika konsisten, pejabat eselon 3 dan 4 dipilih melalui proses lelang jabatan secara terbuka. Sehingga masyarakat dapat memantau dan menganalisa apakah calon yang maju layak.

"Proses lelang jabatan untuk kepala dinas, yaitu Dinas Koperasi, Dinas Sosial dan Dinas Pendidikan belum tuntas. Padahal sudah hampir satu bulan lebih kami belum mendengar hasil dari lelang jabatan itu," terangnya.

Amrullah menduga lelang jabatan untuk 3 kepala dinas hanya formalitas belaka agar jejak jual beli jabatan di lingkungan Pemkab Banyuwangi tertutup.

"Semakin lama hasil lelang jabatan belum diungkap, akan muncul dugaan - dugaan miring soal itu. Sewajarnya bila calon yang memenangkan lelang jabatan diumumkan dan segera dilantik untuk mengisi kekosongan jabatan kadis," tukas Amrullah.

Sabtu (5/11/2021) lalu, sebanyak 131 pejabat eselon 3 dan 4 dilantik boleh Bupati Ipuk Festiandani di Pendopo Sabha Swagata Blambangan. Para pejabat yang dilantik tersebut menduduki posisi kepala bagian, kepala bidang, Kasubsi dan jabatan lainnya. SUBAHRODIN YUSUF

Sebelumnya 16 Komunitas di Denpasar Gelar Donor dan Bagi Sembako ke Warga Terdampak Pandemi
Selanjutnya Siswi MTs Negeri 2 Banyuwangi Raih Perunggu