..
Didukung Kiai Suyuti, Gus Yazid Daftar Bacabup
Ahmad Yazid atau Gus Yazid (songkok dan kaos hitam) berjalan kaki menuju Sekretariat Koalisi Banyuwangi Mumbul Maning untuk daftar bakal calon bupati

Didukung Kiai Suyuti, Gus Yazid Daftar Bacabup

BANYUWANGI - Lantunan ayat suci Alquran mengiri pendaftaran Ahmad Yazid (AY) sebagai bakal calon bupati (bacabup) di Sekretariat Banyuwangi Mumbul Maning di Jalan Brawijaya Banyuwangi. Doa lolos penjaringan dan kemenangan pun dipanjatkan oleh Kiai Suyuti Toha.

Gus Yazid (panggilannya) merupakan pengusaha tambang asal Surakarta, Jawa Tengah. Namun ayahnya, Lintang Waluyo, seorang jenderal asli Kabupaten Banyuwangi, yakni dari Kecamatan Tegal Dlimo. Perwira tinggi TNI yang telah purna tugas tersebut, menurut Kiai Suyuti, senior dari Susilo Bambang Yudhoyono dan Prabowo Subianto.

Gus Yazid didukung oleh Kiai Suyuti karena dipandang mampu merubah Banyuwangi kedepan ketimbang calon lain. Dan Gus Yazid maju tidak dilandasi dengan ambisi.

"Ada sahabat yang ambisi kedudukan meminta supaya memimpin perang Hunain. Kemudian dinasehati oleh Baginda Rosul Muhammad agar tidak ambisi," tuahnya saat memberi pengantar pendaftaran mengutip sebuah hadis.

Koalisi Banyuwangi Mumbul Maning merupakan gabungan Partai Gerindra, PKS dan PPP. Pengasuh Ponpes Mambaul Huda Desa Kedungwungu, Kecamatan Tegal Dlimo mengawal langsung pengambilan berkas Gus Yazid.

AY berjalan menuju sekretariat diiringi hadrah. Rombongan berjalan kaki dari Patung Kuda menuju Sekretariat Koalisi Banyuwangi Mumbul Maning.

"Semua melalui istiharoh, tidak serampangan. Saya memutuskan mengambil formulir lewat Banyuwangi Mumbul Maning. Di sini ada Gerindra yang nasionalis, ada PPP yang agamis," lontarnya.

Sebagai warga Blambangan yang tinggal di luar kota, Gus Yazid, telah melakukan survei. Dia pun tak malu memuji kemajuan Banyuwangi saat ini.

"Pariwisata sudah bagus. Bandara bagus. Nanti kita fokus ke pengembangan pertanian," ucapnya usai mengambil formulir.

Pendaftaran Gus Yazid disambut tiga petinggi partai yang tergabung dalam koalisi ini. Antara lain, H Naufal Badri (Gerindra) dan H Ahmad Fauzan (PPP) serta Faizol Aziz (PKS). SUBAHRODIN YUSUF

Sebelumnya Sempat Ditolak Parpol, Gus Edi Maju Bupati Lewat Jalur Independen
Selanjutnya Festival Ekonomi Kerakyatan Pamerkan Sapi Pancasila