..
Bupati Ipuk Fiestiandani Disomasi Puskaptis
Direktur Puskaptis Mohammad Amrullah menunjukkan somasi yang baru dilayangkan untuk Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas

Bupati Ipuk Fiestiandani Disomasi Puskaptis

BANYUWANGI - Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) melayangkan somasi terhadap Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani. Gara - garanya soal lelang jabatan di 3 Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Somasi diserahkan langsung oleh Direktur Puskaptis Mohammad Amrullah pada Senin (11/10/2021). Dalam somasi itu, Amrullah menduga ada jual beli jabatan dalam lelang tersebut.

"Kenapa yang dilelang hanya 3 OPD. Sementara di Kabupaten Banyuwangi terdapat sekitar 9 SKPD yang pimpinannya masih pelaksana tugas (Plt). Di Kabupaten Jember ada belasan jabatan kepala OPD yang dilelang," serunya.

Pria yang berprofesi sebagai pengacara ini mendesak kepada Bupati Ipuk agar segera mengisi jabatan kepala dinas di OPD yang kosong dengan pejabat yang definitif. Dan istri Abdullah Azwar Anas tersebut diminta melakukan lelang jabatan secara terbuka, transparan serta jujur.

"Ini sebagai bukti pembelajaran tentang etika birokrasi yang bersih. Supaya menghasilkan para pejabat yang berintegritas, berkualitas serta kompeten," tegas Amrullah.

Direktur Puskaptis memberi waktu 7x24 jam kepada bupati untuk menjalankan isi somasi yang telah diserahkan ke Bagian Umum Pemkab Banyuwangi. Apabila tidak digubris pihaknya akan mengambil langkah hukum.

"Kami sedang mengkaji untuk membawa kasus ini ke pengadilan. Biar nanti pengadilan yang membatalkan bila tidak sesuai," paparnya.

Pada 1 - 8 Oktober 2021 Pemerintah Kabupaten Banyuwangi membuka seleksi terbuka atau lelang jabatan untuk 3 kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Ketiga instansi itu meliputi Dinas Pendidikan, Dinas Koperasi dan Dinas Sosial.

Sembilan orang tercatat sebagai pelamar di 3 OPD tersebut. Pelamar Kepala Diskop - UMP, antara lain Nanien Oktaviantie (Plt Diskop/Sekretaris Diskop - UMP), Dwi Handajani (Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup), Budi Priambodo (Kabid Usaha Mikro Diskop - UMP) Trisetya Supriyanto (Camat Singojuruh).

Untuk Dinas Sosial - PPKB yang telah mengajukan lamaran yakni Danang Hartanto (Plt Kepala/Kabid Cipta Karya Dinas PU CKPP), Riza Al Fahroby (Sekretaris Dinas PU Pengairan), Henik Setyorini (Plt Kepala Dinsos - PPKB/Kabag Umum Setda Banyuwangi), Lukman Al Hakim (Kabid Pengendalian Penduduk dan KB Dinsos - PPKB). Sedangkan untuk Kepala Dinas Pendidikan yang melamar satu orang, yaitu Ida Larasati (Kabid Koperasi Diskop - UMP). SUBAHRODIN YUSUF

Sebelumnya Sisi Lain Zaenal Tayeb Dimata Tokoh Masyarakat Legian
Selanjutnya Main Ganja, Penyayi Club asal Ambon Dituntut 7 Tahun