..
Bupati Banyuwangi Digugat KAMI
Amrullah SH

Bupati Banyuwangi Digugat KAMI

BANYUWANGI - Kasus pelepasan Ijen ke Pemkab Bondowoso masuk ke ranah hukum. Kaukus Advokat Muda Indonesia (KAMI) yang dimotori Amrullah SH menggugat di Pengadilan Negeri (PN) Banyuwangi.

Perkara yang didaftarkan berupa gugatan warga negara atau citizen law suit. Tiga kepala daerah digugat atas perkara 1/3 Ijen. Ketiganya, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas, Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Gugatan didaftarkan ke PN Banyuwangi pada Kamis (29/7/2021) dengan Nomer Perkara : 151/pdt.G/2021/PN Byw. Mereka tidak didampingi aparat kepolisian yang sehari sebelumnya menolak memberikan pengawalan karena alasan dapat menimbulkan kerumunan yang dapat memicu penyebaran Covid-19.

Menurut Amrullah, awalnya hanya Bupati Ipuk yang akan digugat. Tapi Bupati Salwa dan Gubernur Khofifah turut digugat karena dianggap mengetahui peristiwa 3 Juni 2021 di Surabaya.

"Bupati Bondowoso dan Gubernur Jatim kita gugat agar perkara subsegmen Ijen terang benderang. Biar Bupati Salwa yang selama ini diam mau ngomong," ucap Amrullah.

IMG_20210729_142746

Dalam gugatan KAMI, Bupati Ipuk sebagai tergugat 1. Sedangkan Bupati Salwa selaku tergugat 2. Sementara Gubernur Khofifah menjadi tergugat 3. Amrullah menegaskan, tindakan tergugat 1 dianggap menyalahgunakan kekuasaan atau abuse of power.

"Tindakan tergugat cenderung melanggar hukum serta asas pemerintahan yang baik. Setiap kebijakan setrategi seharusnya melibatkan DPRD," tukasnya.

Penandatanganan kesepakatan Nomor : 35/BAD II/VI/2021 tertanggal 3 Juni 2021 di Surabaya itu merugikan. Apabila dihitung kerugian immaterialnya Rp 10 Milyar.

"Akibat dari tindakan tergugat, warga tidak bisa mengeksplorasi Ijen dan menikmatinya secara leluasa," tambah Amrullah.

Gugatan ini dilayangkan oleh KAMI sebagai tindak lanjut aksi Puskaptis yang mendorong anggota DPRD menggunakan hak menyatakan pendapat. Akhirnya dewan menggunakan jalur interpelasi. Selanjutnya Puskaptis mendesak agar Bupati Ipuk membatalkan tandatangannya di PN Banyuwangi. Tapi setelah ditunggu jalur itu tak ditempuh. SUBAHRODIN YUSUF

Sebelumnya Polsek Sempu Bansos di Perkampungan Terpencil
Selanjutnya Beli Ganja Rp.500 ribu, Jerat Sutradara asal Rusia ini Dipenjara 6 Tahun