..
Bukti Upal Asing Palsu Tambah 1,7 T

Bukti Upal Asing Palsu Tambah 1,7 T

BANYUWANGI - Aparat Kepolisian Resor Kota Banyuwangi mengamankan mata uang asing palsu senilai Rp 1,7 Triliun. Uang ini disita dari tangan seorang lelaki berinisial H.

Senin (1/3/2021), H yang telah ditetapkan sebagai tersangka dikeluarkan dari sel tahanan. Pelaku yang diamankan Satreskrim Polresta Banyuwangi ini diperkenalkan kepada awak media.

"Hasil pengembangan kasus peredaran upal kita temukan 100 lembar uang pecahan euro. Nilai tiap lembar 1 juta Euro yang bila dirupiahkan nilainya 1,7 Triliun," terang Kombes Arman.

Selain mata uang Eropa, polisi juga menyita 100 lembar yang diduga mata uang Cina, Yuan. Terkait ini, lanjut Kombes Arman, akan melakukan konsultasi ke Konsul Cina.

"Kita belum pastikan yang mirip Yuan ini mata uang asli atau tidak. Nanti kita akan cek ke Konsul Cina," imbuhnya.

Dalam penanganan sindikat peredaran uang palsu ini, Polresta Banyuwangi total mengamankan bukti uang yang nilainya Rp 4,5 Triliun. Semula polisi menangkap 10 orang dari beberapa kota di Jawa dan Kalimantan dengan bukti Rp 2,8 T.

Komplotan ini terbongkar dari hasil penangkapan aparat terhadap beberapa diantara pelaku di sebuah hotel berbintang di Banyuwangi. Ketika itu akan digelar transaksi upal, 120 ribu dolar Amerika dibandrol Rp 180 juta. SUBAHRODIN YUSUF

Sebelumnya Pemkab Banyuwangi PHK 322 THL, Puskaptis Sindir Pemerintah
Selanjutnya Edarkan Narkoba di Bali, Pemuda asal Malang ini Dihukum 12 Tahun