..
Bayi Perempuan Dibuang di Depan Toko
Seorang bidan sedang membersihkan bayi malang yang dibuang larut malam

Bayi Perempuan Dibuang di Depan Toko

BANYUWANGI - Polsek Genteng sedang menyelidiki kasus penemuan bayi di depan sebuah toko di Jalan Sanusi Desa Kaligondo, Kecamatan Genteng. Penyelidikan fokus terhadap pelaku dugaan pembuangan bayi berjenis kelamin perempuan yang menggemparkan warga.

Polisi menduga bayi dengan berat 3,4 kg serta panjang 50 cm itu sengaja dibuang oleh seseorang. Aparat pun menengarai bayi itu hasil hubungan gelap dan sengaja dibuang oleh orang tuanya agar ada yang merawat.

Sebab, kata Kapolsek Genteng AKP Sudarmaji, tali pusar bayi tersebut dalam kondisi terputus ketika ditemukan warga. Bayi malang bahkan diselimuti kain jarik.

"Kami sedang menggali keterangan saksi untuk lidik ungkap kasus ini," tegas AKP Sudarmaji, Jumat (2/4/2021) siang.

Keterangan saksi yang sudah dicatat petugas adalah Sugiyanto (61) dan Nanda Ridho Tri Risnanda (20), warga Dusun Kaliwadung , Desa Kaligondo. Sekitar pukul 00.30 WIB, Jumat dinihari, Nanda yang tidur di kamar rumahnya mendengar tangisan bayi sangat keras. Karena takut saksi memangil tetangganya, Sugiyanto, yang berada toko sebelah kediamannya.

"Keduanya mencari sumber suara tangisan dan ditemukan bayi perempuan dalam keadaan sehat. Kemudian peristiwa ini dilaporkan kepada perangkat desa setempat, lalu bayi dibawa ke bidan terdekat," tambah Kapolsek Sudarmaji.

Setelah proses pemeriksaan dan pembersihan selesai, bayi malang tersebut dititipkan sementara di kediaman Nanda. Nota Suksesi Wati menjadi pengasuh sementara bagi bayi tanpa nama itu.

Sejumlah orang mengajukan diri sebagai orang tua asuh. Polisi menyarankan warga agar menyampaikan keinginannya ke Dinas Kesehatan atau Dinas Sosial. YUS

Sebelumnya Menteri Perindustrian Tegaskan Bali Menjadi Pilot Project Pengembangan Kendaraan Listrik
Selanjutnya Gubernur Koster: Pasemetonan Menjadi Bagian Jati Diri Masyarakat Bali