..
Bandar Narkoba Simpan Sabu Hampir 3 Ons

Bandar Narkoba Simpan Sabu Hampir 3 Ons

BANYUWANGI - JK (40), residivis narkoba asal Desa/Kecamatan Kabat ternyata belum taubat. Lagi - lagi mantan pegawai di lingkungan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Banyuwangi ini kembali berurusan dengan aparat Polresta Banyuwangi karena barang haram narkotika.

Pukul 03.00 WIB, Senin (18/1/2021), JK ditangkap aparat di kediamannya. Personil Satnarkoba menemukan barang bukti 285,29 gram sabu - sabu serta 748 butir ekstasi di rumah JK.

Kepala Kepolisian Resor Kota Banyuwangi, Kombes Arman Asmara Syarifudin SIK, menjelaskan bahwa JK diduga terlibat dalam jaringan pengedar narkoba antar kabupaten. Posisi JK saat ini bertindak selaku bandar.

"Tangkapan kali ini cukup besar, yakni 4 paket sabu seberat 285,29 gram dan pil ekstasi sebanyak 748 butir dengan berat 327,27 gram," kata Kapolresta Banyuwangi.

Selain itu, polisi juga berhasil mengamankan uang sebesar Rp 20 juta hasil penjualan narkoba, satu unit timbangan elektrik, HP dan sejumlah bukti lain. Penangkapan bandar narkoba ini bermula dari pengembangan kasus hasil ungkap sebelumnya.

"Ini hasil pengembangan dari tangkapan sebelumnya. Tersangka merupakan otak dan pemilik narkoba ini," jelas Kombes Arman saat jumpa pers.

Dalam menjalankan bisnisnya, tersangka tidak bertemu secara langsung dengan konsumen. Barang yang datang dari luar kota diecer lagi kepada pembeli melalui sistem ranjau.

"Barang haram tersebut ditaruh di suatu tempat yang sudah disepakati dengan pembelinya," sebut Arman.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, JK harus mendekam di sel tahanan Polresta Banyuwangi. Tersangka dijerat Pasal 114 ayat (2) dan atau Pasal 112 ayat (2) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

"Tersangka terancaman hukuman minimal 6 tahun dan maksimal 20 tahun kurungan penjara," tutup Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin.

Dari ungkap kasus ini, setidaknya 1000 orang terselamatkan dari pengaruh narkoba. Barang bukti yang besar menjadi bukti komitmen Polresta Banyuwangi dalam memerangi narkotika serta obat terlarang. SUBAHRODIN YUSUF

Sebelumnya Pembunuh Gadis Teller Bank Mandiri Dituntut 7,5 Tahun
Selanjutnya Komisi 4 Dukung Pembelajaran Tatap Muka