..
Askab Banyuwangi Tagih Janji AAA
Anggota Askab menggelar hearing dengan DPRD Banyuwangi

Askab Banyuwangi Tagih Janji AAA

BANYUWANGI - Abdullah Azwar Anas (AAA) tidak lagi menjabat sebagai bupati di Banyuwangi. Pascalengser, mantan bupati dua periode tersebut justru berhadapan dengan mantan bawahannya, para kepala desa.

Mereka menyoal janji AAA sewaktu Pilkada Bupati - Wabup Banyuwangi 2020 lalu yang tak kunjung dipenuhi. Janji itu berupa motor dinas Yamaha NMax dan pavingisasi sepanjang 1 kilometer jika istrinya, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas yang berpasangan dengan H Sugirah memenangi Pilbup.

Janji itu disampaikan Anas kepada para kepala desa yang tergabung dengan Asosiasi Kepala Desa Banyuwangi (Askab) di GOR Tawangalun. Motor NMax dan program pavingisasi itu akan dialokasikan dari dana APBD.

Sampai pertengahan tahun ini, janji AAA tak kunjung terealisasi. Bila janji itu menguap besar kemungkinan anggaran Rp 25 juta yang bersumber dari ADD akan menjadi silpa di semua desa. Karena desa - desa yang tergabung dalam Askab telah menganggarkan Rp 25 juta sebagai pembiayaan tukang dan pasir untuk hibah pavingisasi yang sumbernya dari Alokasi Dana Desa (ADD).

"Kemarin sudah kita tanyakan ke Pemkab tapi belum ada kejelasan. Makanya kami minta kejelasan juga ke DPR terkait hibah pavingisasi tersebut," cetus Ketua Askab, Anton Sujarwo, kala hearing di DPRD Banyuwangi.

Bukan para kades kurang peka terhadap Covid-19. Sebagian dana desa (DD) juga disalurkan untuk penanganan korona. Saat ini kondisi motor dinas para kades banyak yang kurang prima. Sebab itu mereka meminta agar dapat dialokasikan pada PAK APBD tahun ini.

"Untuk motor dinas memang urgen, karena kendaraan kepala desa banyak yang sudah tidak layak karena sudah lama. Itu juga bagian dari mobilitas kita untuk meningkatkan pelayanan ke masyarakat dan mensukseskan program pemerintah daerah," paparnya.

Rombongan perwakilan Kades itu diterima Wakil Ketua DPRD, Ali Mahrus dan Michael Edy Hariyanto di ruang rapat khusus DPRD Banyuwangi. Ali Mahrus berjanji menampung, meneruskan dan menyampaikan apa yang menjadi aspirasi para kades. Karena hal itu adalah bagian dari janji politik. Namun proyeksi anggaran 2021 tidak ada yang menyebut untuk pengadaan motor dinas NMax untuk para kepala desa. Termasuk hibah pavingisasi 1.000 meter tiap desa.

"Nanti akan kita tanyakan baik secara formal maupun non formal. Formalnya nanti di perubahan anggaran 2021," tukasnya. SUBAHRODIN YUSUF

Sebelumnya Jalani Hukuman 17 Tahun, Napi ini Kembali Dituntut Jaksa 18 Tahun
Selanjutnya Ajukan Interpelasi Plus Kirim Surat 'Cinta'