..
Ali Ruchi - dr Taufik Penuhi Panggilan Partai Demokrat
Ali Ruchi (kemeja putih) mengagungkan jempol usai memenuhi panggilan Partai Demokrat Banyuwangi

Ali Ruchi - dr Taufik Penuhi Panggilan Partai Demokrat

BANYUWANGI - DPC Partai Demokrat Banyuwangi memanggil tiga nama untuk menyampaikan program visionernya sebagai bakal calon bupati Banyuwangi. Tiga nama itu antara lain, dr Taufik Hidayat, Ali Ruchi dan Mufti Anam.

Dari trio itu, dua orang telah dipanggil ke DPC Partai Demokrat Banyuwangi di Jalan Kepiting pada Selasa (11/2/2020). Dokter Taufik dipanggil paling awal yakni sekitar pukul 13.00 WIB. Saat ini Taufik merupakan Direktur RSUD Genteng yang sudah memasuki  masa persiapan pensiun. 

Malamnya, ganti Ali Ruchi yang dipanggil. Ali masih aktif menjabat Kadis Perhubungan Banyuwangi. Untuk Anam masih belum terkonfirmasi kapan akan dipanggil.

Selasa malam, di DPC Partai Demokrat, sekitar pukul 21.00 WIB, Ali Ruchi yang mengenakan setelan kemeja warna putih dan celana jins terlihat keluar meninggalkan ruangan dengan wajah berseri - seri. Kadis Perhubungan itu didampingi Muhlisin, Bambang Wahyudi, serta seorang sopir. Meski enggan menjelaskan secara detail pertemuan politiknya, tapi Ali tampak bahagia. Setidaknya telah ada partai besar yang memanggilnya untuk menjalani uji kelayakan sebagai bakal calon bupati Banyuwangi.

"Tadi cuma ngobrol biasa," celetuknya sambil terkekeh.

Apa yang dilakukan Partai Demokrat memang berbeda dengan partai lain. Jika PKS, PPP dan Gerindra melalui koalisi Mumbul Maning telah menuntaskan masa penjaringan, partai berlambang mercy ini justru langsung mengundang tiga nama yang santer bakal maju menjadi pemimpin Banyuwangi 2020 mendatang.

IMG-20200211-WA0035

Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi Michael Edy Hariyanto mengatakan, partainya tidak membuka penjaringan karena hanya memiliki 6 kursi di DPRD. Sehingga butuh koalisi dengan partai lain supaya bisa mengusung calon sendiri. Karena itu dipilih cara memanggil langsung sejumlah nama yang dianggap layak untuk didengarkan visa misinya.

"Jadi ini bukan uji kelayakan, kami hanya ingin mendengarkan visa misi Pak Taufik dan Ali Ruchi. Keduanya sama - sama bagus," ujar Michael, selepas rapat internal pasca menerima Ali Ruchi pukul 22.00 WIB.

Ali dan Taufik mendahului Anam lantaran politisi PDIP asal Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari itu sebagai wakil rakyat di DPRRI yang lebih banyak berdiam di Jakarta. Makanya DPC Partai Demokrat Banyuwangi mendahulukan pemanggilan terhadap Ali Ruchi dan Taufik Hidayat yang berada di Bumi Blambangan.

"Sementara tiga nama yang kita panggil karena telah membangun komunikasi dengan partai. Namun tidak menutup kemungkinan ada nama lain yang menyusul," tambah Michael.

Demokrat akan memutuskan arah setelah memanggil seluruh nama terkait. Keputusan partai itu diperkirakan diambil pada akhir Februari 2020. SUBAHRODIN YUSUF

Sebelumnya Gamers LAzone Bali, Muda, Berprestasi dan Menginspirasi
Selanjutnya Pulang dari China, Mahasiswa Asal Banyuwangi Menghadapi Masalah Baru