..
20 Warga Binaan Lapas Bangli Dilatih Membuat Anyaman Bambu
Warga binaan Lapas Bangli ikuti pelatihan menganyam bambu

20 Warga Binaan Lapas Bangli Dilatih Membuat Anyaman Bambu

Suksesinews.net, Denpasar - Lapas Narkotika Kelas IIA Bangli menggelar pelatihan membuat anyaman berbahan dasar bambu untuk para warga binaan. Dari hasil pelatihan ini diharapkan para warga binaan memiliki ketamprilan jika bebas nanti.

Humas Kanwil Kemenkumham Bali Putu Surya Dharma mengatakan anyaman yang dibuat dalam pelatihan ini seperti besek tempat buah dan sayur, tempat buah untuk suvenier, dan tempat sarana persembahyangan seperti tempat pemuspan dan keben. Pelatihan ini dimulai sejak Jumat (5/6) dan diikuti 20 peserta.

"Rencana kegiatan pelatihan kemandirian adalah 12 kali pertemuan, dimana setiap pertemuan dilaksanakan selama 3 jam," kata dia dalam keterangan tertulis, Sabtu (6/6).

Anyaman berbahan dasar bambu dipilih sebagai salah satu pelatihan ketrampilan karena mengingat banyaknya bahan baku bambu yang tersedia di kabupaten Bangli. Hasil anyamanyan banyak dibutuhkan dan diminati terutamnya bagi Masyarakat Bali. Adapun tahapan-tahapan dalam kegiatan pelatihan ketrampilan ini adalah, yang pertama yaitu pemberian pemahanan secara teori baru kemudian dilanjutkan secara praktek.

"Tentunya melalui pelatihan ini diharapkan para peserta atau warga binaan bisa menghasilkan produk anyaman yang memiliki nilai jual sebagai bekal nanti saat kembali ke masyarakat ataupun saat masih menjalani masa pembinaan di Lapas Narkotika," kata dia.

Lapas Narkotika Merupakan salah satu Lapas yang berada di Provinsi Bali yang merupakan Lapas Khusus untuk membina pelanggar hukum yang mengkhusus untuk warga binaan yang tersandung kasus khusus di Bidang Narkotika. Lapas Narkotika terletak di Br. Buungan, Desa Tiga, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli. Sebagai suatu lembaga pemasyarakatan yang memiliki tanggung jawab untuk membina warga binaan yang tersandung masalah hukum di bidang Narkotika, bukanlah perkara mudah seperti membalikan telapak tangan. rie/suksesinews

Sebelumnya Dikejar Anjing, Turis Asing Jatuh dan Terjebak di Kolam Air 6 Hari
Selanjutnya Wagub Bali Apresiasi Langkah MUI Gelar Donor Darah di Tengah Pandemi