..
Tiga Jenderal Tinjau Pengamanan Pelabuhan Ketapang

Tiga Jenderal Tinjau Pengamanan Pelabuhan Ketapang

BANYUWANGI -  Kapolda Jawa Timur Irjen Machfud Arifin merasa lega perayaan Natal di penghujung tahun 2017 berjalan kondusif. Perasaan itu diungkapkan saat melakukan cek pengamanan di Gereja Maria Ratu Damai di Jalan Jaksa Agung Suprapto Banyuwangi, Selasa (26/12/2017).

“Jawa Timur relatif aman, tidak ada kejadian menonjol. Baik aspek lalulintas, lakalantas, kejahatan masih aman. Apalagi rumah-rumah ibadah, masyakarat merayakan Natal berjalan dengan aman,” ungkapnya.

Perwira tinggi berpangkat bintang dua ini bahkan merasa tersanjung dengan kekompakkan dan tolerasi warga Jatim yang saling membantu dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru 2018. Sejumlah elemen masyakarat bersatu bersama aparat TNI dan Polri untuk menangkal ancaman teror yang bakal mengacaukan libur akhir tahun.

“Banser jaga, NU berada di gereja. MUI terlihat di gereja. Dua pertiga kekuatan di Jawa Timur dikerahkan. Jumlahnya kurang lebih 29 ribu personil gabungan dengan TNI,” papar Jenderal Machfud.

Semua titik yang harus dijaga telah diamankan aparat. Tidak hanya pelabuhan penyeberangan. Terminal, bandar udara sampai lokasi wisata diamankan petugas. Menurut Jenderal Machfud Arifin, area wisata dan lokasi perayaan Natal termasuk titik rawan yang wajib diamankan. Makanya, Ia bersama Pangdam V Brawijaja Mayjen Arif Rahman dan Asops Mabes Polri Irjen M Iriawan melakukan peninjauan bersama di gereja dan Pelabuhan Ketapang.

“Tidak ada perbedaan, semua kita amankan,” tegasnya kepada para wartawan usai meninjau pengamanan di Gereja Maria Ratu Damai.

Di Ketapang, tiga jenderal ini menyempatkan diri meninjau Pos Digital milik Polres Banyuwangi yang ada di Gedung BNI sisi utara Pelabuhan ASDP Ketapang. Di ruangan pantau ini, Kapolda Jatim mendapat banyak informasi mengenai aktifitas Pelabuhan Ketapang – Gilimanuk serta antisipasi bila terjadi antrean penumpang serta kendaraan.

“Saat ini lalulintas penyeberangan masih lancar. Tadi dijelaskan tentang simulasi kalau ada kemacetan bagaimana bersikap,” pujinya.

Sampai akhir libur bersama Natal 26 Desember 2017, belum semua kapal yang disiagakan di Selat Bali dioperasikan. Di Ketapang, warga yang menggunakan jasa penyeberangan laut dalam akhir tahun lebih cenderung menuju Bali. Saat arus balik pengamanan akan ditingkatkan.

“Pengalaman Lebaran Idul Fitri dan Nyepi sama, warga sama-sama menyeberang menuju Jawa. Sinergitas antara Polri, TNI dan pihak terkait berjalan dengan baik,” tukasnya lagi.

Dari Pos Digital, para perwira pati dari Polri dan TNI ini meninjau Pos Pelayanan milik Polres Banyuwangi yang ada di dekat loket roda dua Pelabuhan ASDP Ketapang. Usai menyapa dan memberikan arahan singkat, Kapolda, Pangdam, Asops Mabes Polri, mengajak para rombongan yang terdiri dari pejabat utama Polda Jatim, para kapolres dari eks Karesidenan Besuki, ASDP dan Syahbandar melihat dari dekat simulasi penyelamatan penumpang kapal yang jatuh ke laut.

Dalam drama ini digambarkan kesigapan Tim Integrated Rescue Center (IRC) gabungan dari personil SAR, TNI AL dan Polairud mengevakuasi dua penumpang KMP Gilimanuk yang jatuh ke perairan Selat Bali akibat lalai bermain HP di reling kapal. Dua penumpang itu berhasil diselamatkan meski satu orang dalam kondisi pingsan. Keduanya langsung dilarikan ke rumah sakit usai dievakuasi ke dermaga ponton. SUBAHRODIN YUSUF

 

 

Sebelumnya Obat Tidur Tak Bereaksi, Aiptu Suanda Akhirnya Dipukul
Selanjutnya Jika Dipinjamkan Lagi, Apa Kata Junus ?