..
Saksi Prabowo Tandatangani Hasil Rekapitulasi Suara
Saksi Capres 02 Prabowo Subianto, H Hasan Busairi, menyatakan sikapnya kepada wartawan usai penutupan rekapitulasi tingkat kabupaten di Hotel Mirah Banyuwangi.

Saksi Prabowo Tandatangani Hasil Rekapitulasi Suara

BANYUWANGI - Saksi paslon capres - cawapres 02 Prabowo - Sandi, Haji Hasan Busairi, menolak hasil rekapitulasi suara di tiga kecamatan. Pasalnya, di ketiga wilayah itu terjadi masalah dan keberatan saksi di tingkat Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) tak diakomodir di tingkat kabupaten.

"Khusus Muncar kami keberatan. Begitu pula di Kalipuro. Untuk Wongsorejo ada saksi dari Partai Gerindra menemukan kekeliruan. Untuk tiga ini belum bisa kami tanda tangani," jelasnya.

Walau begitu, Haji Hasan, mengakui secara umum Pemilu 2019 di Banyuwangi sudah baik. Karena itu dirinya menerima hasil rekap di 22 kecamatan dan hanya menolak yang tiga PPK.

"Kami siap untuk tanda tangan hasil rekapitulasi yang 22 kecamatan. Kami cuma menolak yang tiga wilayah saja," jelasnya. Ini, kata Haji Hasan, adalah sikap pribadi dan nuraninya. Sebagai penganut Islam yang taat tidak mungkin mengingkari hatinya.

"Saya tidak pernah ada instruksi begitu. Jadi kejujuran ini harus dipakai. Identitas Islam itu kejujuran. Siapapun yang mengintruksikan berbanding terbalik daripada agama saya tolak. BPN tak pernah mengintruksikan begitu, intruksinya baik - baik," jawabnya membantah jika langkahnya bertentangan dengan instruksi Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo - Sandi yang menolak hasil rekapitulasi.

Rekapitulasi lima surat suara tingkat Kabupaten Banyuwangi telah ditetapkan pada pukul 23.22 WIB, Sabtu (4/5/2019). Saksi dari seluruh partai politik mengaku menerima hasil rekap yang digelar KPU di Hotel Mirah.

Ketua Bawaslu Hamim mengatakan, ada saksi parpol, penyelenggara pemilu dan anggota KPU yang sakit karena tugas. Bawaslu sebagai penjaga hak pilih telah memastikan pemilih dan jumlah suara tidak ada perubahan.

"Dulu tabu mempermasalahkan C1, sekarang yang salah dibenarkan. Jika ada suara caleg yang tak sinkron, ya dihitung lagi," paparnya saat penutupan rekapitulasi suara tingkat Kabupaten Banyuwangi di Hotel Mirah.

Deklarasi kemenangan belum diperbolehkan karena belum ada pernyataan resmi dari KPU Pusat. Apalagi sebentar lagi masuk Ramadan.

"Kami sudah bersurat ke parpol, itu belum boleh," pesannya.

Selanjutnya, hasil rekapitulasi ini akan dibawa ke KPUD Jatim. Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik Herdiansyah menjelaskan, pengamanan hasil rekap akan dilakukan kepolisian sampai KPUD Jatim. Satu regu dari Polri akan mengawal dengan senjata lengkap.

"Secara umum pengamanan seluruh tahapan pemilu situasinya aman dan tidak ada kejadian menonjol. Setelah berakhirnya penghitungan suara warga agar lekas bersatu," ungkapnya.

Dalam rekap tingkat kabupaten, paslon capres 01 mendapat 711.117 suara. Sedangkan paslon 02 hanya memperoleh 273.543 suara dengan jumlah pemilih yang datang ke TPS 1.002.408 orang. SUBAHRODIN YUSUF

Sebelumnya Rekapitulasi Suara Tingkat Kabupaten Berjalan Lancar, Begini Komentar Sejumlah Tokoh
Selanjutnya Gebrakan Kasipidum Denpasar Diapresiasi Banyak Kalangan