..
Rekapitulasi Suara Tingkat Kabupaten Berjalan Lancar, Begini Komentar Sejumlah Tokoh

Rekapitulasi Suara Tingkat Kabupaten Berjalan Lancar, Begini Komentar Sejumlah Tokoh

BANYUWANGI - Rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 di Hotel Mirah bakal berakhir Sabtu (4/5/2019) malam. Penghitungan suara tingkat kabupaten yang dilakukan selama empat hari itu berjalan lancar.

Ketua KPU Banyuwangi Syamsul Arifin mengatakan, usai dilakukan penghitungan hasilnya bakal dikirim ke Surabaya untuk rekapitulasi di tingkat Provinsi Jawa Timur. 

"Kualitasnya semakin meningkat. Kesadaran saksi masing-masing caleg, partai ataupun presiden sudah sangat mengerti. Dinamika protes juga terjadi. Tapi dalam tingkat kewajaran," nilainya. 

Sementara itu, Ketua Bawaslu Banyuwangi Hamim mengakui adanya beberapa protes terkait dengan selisih suara. Namun hal itu tidak signifikan merubah perolehan suara caleg hingga presiden. 

"Semuanya dilakukan dengan transparan. Memang ada protes tapi tidak terlalu merubah suara partai," lonyarnya. 

Salah satu partai peserta pemilu, Nasdem mengaku puas dengan kinerja penyelenggara Pemilu 2019. Kalimat itu diucapkan Ketua DPC Nasdem Banyuwangi, Supriyadi KS. Meski ada beberapa kekurangan, namun penyelenggaraan pemilu kali ini diakuinya bagus. Hanya saja, kelemahan saksi masing-masing partai, caleg maupun capres dan cawapres perlu ditingkatkan. 

"Banyak kepentingan di sana, pastinya ya banyak protes. Apalagi ditingkat kecamatan. Wajar dan itu dinamis," katanya menyampaikan sudut pandang.

Pada Pemilu 2019 perolehan kursi Nasdem Banyuwangi terbilang meningkat. Tahun 2014 hanya dua wakilnya saja yang melenggang di DPRD Banyuwangi. Tahun ini jumlahnya menjadi 5 kursi.

"Alhamdulillah saat ini mendapatkan 5 kursi. Dibandingkan Pemilu 2014 naik 150 persen,"beber Supriyadi. SUBAHRODIN YUSUF

Sebelumnya 10 Atlit IPSI Lolos Pra Porprov 2019
Selanjutnya Saksi Prabowo Tandatangani Hasil Rekapitulasi Suara