..
Puncak Arus Balik Usai Lebaran Ketupat

Puncak Arus Balik Usai Lebaran Ketupat

BANYUWANGI - General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Fahmi Alweni, memprediksi arus balik Lebaran 2019 di Pelabuhan ASDP Ketapang bakal lebih panjang. Sesuai dengan adat dan tradisi, pemudik masih menunggu Lebaran Ketupat yang digelar pada hari ke tujuh Idul Fitri.

“Kita prediksi puncak nanti pada H+6 atau H+7 lebaran. Mereka biasanya melakukan perjalanan balik setelah Lebaran Ketupat,” katanya.

Data yang dihimpun oleh PT ASDP Indonesia Ferry Ketapang Banyuwangi, Minggu (9/6/2019), sejak H+1 hingga H+3 Lebaran 2019 jumlah penumpang pejalan kaki  yang sudah menyebrang ke Bali sekitar 126 ribu orang. Jika diprosentase baru sekitar 29,54 persen dibandingkan total pemudik saat arus mudik yang berkisar 428.019 orang.

Untuk kendaraan roda dua baru sekitar 19.276 unit yang menyebrang ke Pulau Dewata atau 22,55 persen dari total pemudik 85.472 unit. Sementara untuk kendaraan roda empat masih berkisar 25,47 persen atau 12.157 unit kendaraan yang menyeberang, dari jumlah 47.737 unit kendaraan yang melakukan mudik.

“Rata-rata masih sekitar 30 persen pemudik yang balik ke Bali. Sisanya sekitar 70 persen belum melakukan perjalanan. Sementara pantuan di pelabuhan Ketapang masih belum ada penumpukan. Masih ramai lancar,” ujar Fahmi Alweni.

Hingga saat ini suasana pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi masih ramai lancar. Para pemudik yang akan kembali merantau ke Pulau Seribu Pura langsung bisa masuk ke areal pelabuhan setelah membeli tiket dan mengisi data manifes. Selanjutnya, pemudik bisa langsung menunggu di areal parkir, sebelum masuk ke dermaga atau kapal. PT ASDP Indonesia Ferry Ketapang mengoperasikan 32 kapal dari 56 kapal yang tersedia. SUBAHRODIN YUSUF

Sebelumnya 12 Ribu Kendaraan Balik ke Bali, Pelabuhan Ketapang Padat
Selanjutnya Kisruh Pencopotan 6 Ketua DPD Golkar, Ini Tawaran Solusi Kubu Demer