..
Pelajar SMP Curi Perhiasan Senilai 90 Juta Rupiah

Pelajar SMP Curi Perhiasan Senilai 90 Juta Rupiah

BANYUWANGI - Usia MPA masih 14 tahun. Sesuai KUHP umurnya tergolong belum dewasa. Tapi, pelajar sebuah SMP di Kecamatan Muncar itu telah dua kali berurusan dengan pihak berwajib.

Selasa (3/12/2019), dia harus mengenakan penutup muka. Statusnya, kata AKBP Arman Asmara Syarifudin SIK, telah menjadi tersangka atas dugaan pelanggaran Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan.

"Beraksi di sebelas TKP. Baru dua TKP yang terungkap," begitu terang perwira menengah polisi yang menjabat Kapolresta Banyuwangi.

Total kerugian yang dialami korban, Astutik (22), warga Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar, kurang lebih senilai Rp 90 juta. Karena yang dicuri terdiri dari 8 cincin, 3 gelang, dan 2 kalung yang seluruhnya emas. Ada pula 2 unit HP yang disasar pelaku dari kediaman korban.

"Rumah dalam keadaan kosong. Pemiliknya sedang pergi ke pelabuhan melihat bongkar muat ikan. Karena sepi kemudian ke pasar bayar arisan. Pulang dari sana kaget lantaran pintu rumahnya terbuka," ulas mantan Wadir Reskrimsus Polda Jatim.

IMG_20191203_092015_1

Astutik menjadi lemas ketika mengetahui perhiasan emas yang disimpan dalam almari raib. Penelusuran pun dilakukan melalui rekaman CCTV yang memang terpasang di dalam rumahnya.

"Dari rekaman itu dikenali wajah pelaku yang kemudian dilaporkan ke Polsek Muncar," urai AKBP Arman Asmara.

Sebelum itu, MPA pernah berurusan dengan aparat setempat dengan model kasus yang sama. Ketika itu pelaku beraksi di 9 TKP. Berhubung usianya di bawah umur dan masih sekolah sehingga tidak ditahan. Meskipun begitu kasusnya jalan terus. Lha dalam proses penuntasan perkara pertama inilah pelaku beraksi lagi. SUBAHRODIN YUSUF

Sebelumnya Awas Kosmetik Palsu, Dua Pelaku telah Tertangkap
Selanjutnya Jadi Korban Kasus Penggelapan, Tomy Winata Jadi Saksi di PN Denpasar