..
Paus Langka Terdampar di Pantai Ketewel Gianyar

Paus Langka Terdampar di Pantai Ketewel Gianyar

Suksesinews.net, Gianyar - Paus langka yang dikenal nama Lodan terdampar di Pantai Rangkan, Ketewel, Sukawati, Gianyar, Selasa (12/3). Padahal sebelum terhempas ke bibir pantai, hewan mamalia laut ini sempat diselamatkan warga dan petugas BKSDA dengan pendorongan ke tengah laut.

Paus dengan nama latin Kogiasima ini ditemukan pertama sehari sebelumnya masih menggelepar lemas. Karenanya para nelayan mencoba membawa ke tengah laut.

"Kemarin saat kami dorong ke tengah laut hingga jarak 20 meter, kondisi paus ini sudah membaik. Tapi tadi terhempas sudah dalam keadaan mati," terang salah seorang petugas BKSDA Bali, I Nyoman Yasa.

Petugas pun langsung bergegas ke lokasi untuk memastikan bangkai satwa dilindungi ini tidak diambil masyarakat. "Satwa ini dilindungi. Jadi tidak hanya saat hidupnya, bagian tubuhnya juga wajib kami lindungi, " terang Sulistiyo Widodo, Kasi Konservasi Wilayah II Gianyar, BKSDA Bali.

Sulistyo Widodo mengatakan jenis paus ini merupakan satwa dilindungi berdasarkan UU nomor 5 Tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistem. Jenisnya memang paling kecil diantara spesies paus lainnya.

"Paus ini memiliki berat sekitar 180 kilogram, panjang maksimal 2,2 meter dengan diameter sekitar 50 cm," jelasnya.

Terkait kemungkinan terdampar, pihaknya memperkirakan dipengaruhi oleh faktor makanan, lingkungan dan perubahan iklim . Biasanya, paus ini terdampar karena migrasi mencari makanan dan suhu air yang hangat serta sulit beradaptasi dalam iklim ekstrem. Kata dia bangkai paus ini akan diteliti lebih lanjut. "Rencananya akan diteliti di TCEC Serangan, Denpasar," tutupnya. Ary/suksesinews

Sebelumnya Seketariat Dewan Badung "Digruduk" BNN Lakukan Tes Urine
Selanjutnya RSBM Siap Jadi Yang Terdepan Dalam Layanan JKN –KBS