..
Musrenbang Desa Gumirih Dilaporkan ke Bawaslu
Helmi Rosyadi diwawancarai wartawan usai melapor ke Bawaslu Banyuwangi.

Musrenbang Desa Gumirih Dilaporkan ke Bawaslu

BANYUWANGI - Ketua Aliansi Rakyat Miskin (ARM) dan Lingkar Study Kerakyatan (Laskar), Muhammad Helmi Rosyadi, melapor ke Bawaslu Banyuwangi, Senin (28/1/2019). Laporan ini buntut dari foto Musrenbang Desa Gumirih, Kecamatan Singojuruh, yang dihadiri salah satu caleg.

"Laporan resmi kita sampaikan kepada Bawaslu sekitar pukul 14.00 WIB," jelas Helmi.

Ada dua nama yang dilaporkan atas dugaan pelanggaran pemilu. Yakni Kades Gumirih Murai Ahmad dan Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto. Michael turut menjadi terlapor karena selain petinggi partai berlambang mercy di Bumi Blambangan juga sebagai caleg di daerah pemilihan dua yang meliputi Kecamatan Kabat, Songgon, Rogojampi dan Blimbingsari.

"Kepala Desa Gumirih diduga melanggar Pasal 282 juncto Pasal 490 Undang-Undang RI No. 7 Tahun 2017 tentang pemilu. Yurisprudensinya Kepala Desa Sampang Agung, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto, Suhartono. Sedangkan Pak Michael saya laporkan lantaran hadir di Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Gumirih dan Sinergitas Program SKPD Tahun Anggara 2020," urai pentolan Gerakan Buruh & Rakyat Anti Korupsi (Gebrak).

Pada Musrenbandes Kamis (24/1/2019), tambah Helmi, Michael datang memakai jaket berlambang Partai Demokrat. Padahal yang bersangkutan bukan anggota DPRD Kabupaten Banyuwangi.

"Semoga laporan saya segera ditangani dan ditindaklanjuti. Kalau perlu Bawaslu dan Gakkumdu memproses," harapnya.

Ketua Bawaslu Banyuwangi, Hamim, membenarkan laporan tersebut. Pihaknya akan menindaklanjuti perkara ini agar lekas terang.

"Iya, tadi sudah dilaporkan. Pihak pelapor sudah kita suruh melengkapi persyaratan. Salah satunya soal saksi," jawab Hamim.

Terkait polemik ini, Michael Edy Hariyanto, mengaku menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Desa Gumirih, Kecamatan Singojuruh atas undangan Kepala Desa Gumirih, Murai Ahmad.

"Ketika beliau mengantarkan undangan kepada saya sebagai Ketua DPC Demokrat. Beliau bilang mengundang juga beberapa ketua partai dan semua anggota DPRD daerah pemilihan dua," tepisnya.

Mengapa Kades Gumirih mengundang ketua partai? Michael menegaskan, itu karena Murai tahu yang mempunyai kebijakan adalah ketua partai. Agar aspirasi warga didengar ditataran kabupaten maka diundanglah ketua partai dan anggota DPRD Banyuwangi.

"Kebetulan hanya saya yang datang di acara itu. Karena banyak yang nggak hadir saya di suruh duduk di depan," paparnya. SUBAHRODIN YUSUF

Sebelumnya Kunjungi Banyuwangi, Istri Presiden Jokowi Dikejutkan Murid TK
Selanjutnya Alibaba Sasar Transaksi Wisatawan Asing di Bali