..
Mengenal Sosok Irwan Setiawan, Caleg PKS yang Dua Periode Menjadi Anggota DPRD Jatim
Irwan Setiawan atau Kang Irwan, caleg DPRD Jatim dari PKS.

Mengenal Sosok Irwan Setiawan, Caleg PKS yang Dua Periode Menjadi Anggota DPRD Jatim

BANYUWANGI - Dua periode menjadi anggota DPRD Provinsi Jawa Timur cukup bagi Irwan Setiawan untuk disebut berpengalaman. Kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini beberapa kali dipercaya menempati posisi strategis di dewan. Bekal itu dijadikan modal untuk maju lagi sebagai anggota DPRD Jatim untuk ketiga kalinya. Apa saja posisi penting itu, berikut kisah caleg PKS untuk DPRD Jawa Timur di Dapil 3 Jatim, Banyuwangi, Situbondo dan Bondowoso.

Apa tugas dan fungsi anggota DPRD Provinsi?

DPRD provinsi mempunyai fungsi pembentukan perda provinsi, anggaran dan pengawasan. Ketiga fungsi tersebut dijalankan dalam kerangka representasi rakyat di daerah provinsi.

Bagaimana fungsi tersebut bisa dijalankan?

Dalam rangka melaksanakan fungsi tersebut, anggota DPRD Jatim menjaring aspirasi masyarakat. Biasanya ada masa reses setahun tiga kali. Dalam masa reses itulah, anggota DPRD melakukan jaring aspirasi masyarakat.

Bisa dijelaskan lebih lanjut, apa dan bagaimana reses?

Pada masa reses, biasanya bertemu dengan 750 orang tokoh masyarakat untuk menyampaikan perkembangan pembangunan provinsi dan menjaring apa yang menjadi aspirasi dan harapan masyarakat. Sehingga kesempatan para tokoh masyarakat untuk bertemu kembali dengan calon yang dulu pernah didukungnya sangat besar. Karena selain reses, juga ada kunjungan dapil sebulan dua kali.

Apa Fungsi pembentukan Perda?

Fungsi DPRD untuk membahas bersama gubernur dan menyetujui atau tidak menyetujui rancangan perda provinsi, mengajukan usul rancangan perda provinsi dan menyusun program pembentukan perda bersama gubernur. Periode lalu banyak yang telah ditetapkan diantaranya perda perlindungan dan pemberdayaan petani, perda perlindungan dan pemberdayaan nelayan.

Kalau fungsi pengawasan bagaimana?

Iya, saya sebagai anggota DPRD provinsi menjalankan fungsi pengawasan terhadap pelaksanaan perda provinsi dan peraturan gubernur, pelaksanaan peraturan perundang-undangan lain yang terkait dengan penyelenggaraan pemerintahan daerah tingkat 1 dan pelaksanaan tindak lanjut hasil pemeriksaan laporan keuangan oleh Badan Pemeriksa Keuangan.

Jika fungsi anggaran?

Ini fungsi yang paling favorit, yaitu membahas KUA dan PPAS yang disusun oleh gubernur berdasarkan RKPD, membahas rancangan perda provinsi tentang APBD provinsi, membahas rancangan perda provinsi tentang perubahan APBD, dan membahas rancangan perda provinsi tentang pertanggungjawaban APBD provinsi.

Sebagai caleg periode ketiga, bagaimana strategi kedepan?

Dari pengalaman 2 periode sebagai anggota DPRD, saya menegaskan 8 komitmen. Diantaranya berusaha menjalankan 3 fungsi anggota DPRD dengan sebaik baiknya, memperjuangkan aspirasi masyarakat, menjalani masa reses, menjalani kunjungan dapil, sowan kepada tokoh masyarakat. Intinya, saya tidak akan menjadi mobil mogok yang kalau sudah didorong lupa sama yang mendorong. Saya justru mengajak monggo bersama sama naik mobil bareng utk mewujudkan harapan bersama.

Apa kunci keberhasilan pembangunan menurut anda?

Selain peran pemerintah, dibutuhkan juga partisipasi masyarakat juga menjadi penting. Untuk itu sebagai anggota DPRD, selain meminta agar pemerintah berperan dengan baik, juga meminta masyarakat untuk kompak dan bersama mensukseskan dan menjalankan pembangunan.

Bagaimana pengalaman tugas di DPRD Jatim?

Pada periode 2009 mendapatkan tugas anggota Komisi D (pembangunan), anggota Badan Musyawarah, anggota Badan Legislasi dan Sekretaris Fraksi. sedangkan pada periode 2014 ditunjuk sebagai anggota Badan Anggaran, wakil ketua Badan Pembentukan Perda, anggota Komisi C (keuangan), ketua Fraksi PKS.         

Pertama Menjabat Anggota DPRD Jatim Usia Berapa?

Saat pertama kali mendapat amanah sebagai anggota DPRD Jawa Timur tahun 2009, usia saya masih 33 tahun. Saat itu, saya mendapat amanat sebagai ketua bidang humas DPW PKS Jawa Timur. Mendapatkan suara pribadi 13 ribuan dan total suara 47 ribu sehingga menempatkan PKS diurutan kursi ke-8 di Dapil 3 Jawa Timur yang meliputi Banyuwangi, Bondowoso dan Situbondo.

Pasca dilantik, saya mendapatkan kesempatan untuk keliling dari desa ke desa di dapil yang memiliki luas 64 kecamatan dan 500-an desa. Dengan rutin turun bertemu dengan masyarakat selama 5 tahun, saya mendapatkan modal yang besar untuk mempertahankan amanat sebagai anggota DPRD jawa Timur pada tahun 2014.

Pada periode pertama, saya mendapat amanat di Badan Musyawarah, Komisi D dan sekretaris Fraksi PKS. Alhamdulillah, suara pada pemilu 2014 mengalami peningkatan hampir dua kali lipat. Saat pemilu 2014 yang memilih nama saya mencapai 28 ribuan. Sedangkan total suara mencapai 81 ribuan. PKS kembali mendapatkan kursi ke-8 di Dapil 3 jatim untuk DPRD Jatim.

Pasca dilantik, saya kembali mendapatkan kesempatan untuk keliling dari desa ke desa untuk melihat kondisi dan menyerap aspirasi masyarakat. Kemudian memperjuangkannya untuk mendapatkan perhatian pemerintah Provinsi Jawa Timur. Saya mendapatkan amanat duduk di Badan Anggaran, Komisi C dan ketua fraksi. Sempat juga mendapat amanah sebagai wakil ketua Badan Pembentukan Perda. Saat ini, saya masih mendapatkan amanah untuk mempertahankan kursi DPRD Jawa Timur milik PKS di Dapil 3 Jawa Timur yang meliputi Banyuwangi, Bondowoso dan Situbondo. Saya optimis, dukungan kepada saya dan PKS akan meningkat pada pemilu 2019. SUBAHRODIN YUSUF    

Sebelumnya Pelatihan Saksi Pemilu 2019 Sepi
Selanjutnya Dua Tersangka Susul Sudikerta ke Rutan Polda Bali