..
KUD Trijaya Bangkrut,  Nasabah Meradang
Subagyo SH, pengacara 11 nasabah KUD Trijaya yang mengalami kerugian Rp 2,2 miliar.

KUD Trijaya Bangkrut, Nasabah Meradang

BANYUWANGI - KUD Trijaya Desa Sraten, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, kolap. Ratusan anggota menggeruduk Balai Desa Sraten, Kecamatan Cluring, Kamis (16/5/2019), untuk menuntut haknya. Pertemuan antara pengurus KUD dan anggota yang difasilitasi Kepala Desa Sraten H Rahman Mulyadi berlangsung panas.

Para anggota sekaligus nasabah umumnya tak sabar untuk mendapatkan uangnya kembali. Pemicu lain, para anggota kecewa uang tabungannya tak bisa dicairkan seperti kabar yang diterima sebelum pertemuan. Harapan warga dari beberapa desa di Kecamatan Cluring ini pun pupus setelah mendengar jawaban pengurus yang kurang memuaskan.

Menurut Subagyo, 11 orang nasabah yang menjadi kliennya mengalami nilai 2,2 miliar lebih. Selama ini para anggota tidak diajak Rapat Akhir Tahun (RAT) untuk mengetahui kemana uang KUD Trijaya yang selama ini dikelola pengurus.

"RAT tahunan tidak ada, kami tidak pernah diajak rapat," ungkap Subagyo, mantan anggota Polri yang selepas pensiun menjadi pengacara dari Peradi.

Dari 11 klien, mereka terdaftar sebagai nasabah Tabungan Simpanan Siagama serta Tabungan Berjangka Santika. Dirinya berharap agar agar ada audit keuangan.

"Kalau ada audit kan transparan," tukasnya.

Warga juga menuntut agar pengurus KUD membatalkan penunjukkan lawyer karena koperasi punya anggota. Mengapa pihak pengurus tidak musyawarah dengan anggotanya.

"Yang bertanggung jawab ranahnya pengurus. Lha bangkrut kok gak ada duit blas," ujar timpal nasabah bernama Yuli. SUBAHRODIN YUSUF

Sebelumnya DPD PDI-P Bali Ancam Pecat Kader Coreng Citra Partai
Selanjutnya Bangkrut Lantaran Isu, Berapa Nilai Aset KUD Trijaya?