..
Kisruh Pencopotan 6 Ketua DPD Golkar, Ini Tawaran Solusi Kubu Demer

Kisruh Pencopotan 6 Ketua DPD Golkar, Ini Tawaran Solusi Kubu Demer

Suksesinews.net, Denpasar - Pengurus Kecamatan (PK) Golkar Kabupaten Badung dan Bangli menemui Pengurus DPD Partai Golkar Provinsi Bali, Minggu (9/6).

Kedatangan mereka untuk menyatakan penolakan atas keputusan DPD Golkar Bali yang mencopot Ketua DPD Golkar Kabupaten Badung Wayan Muntra dan Ketua DPD golkar Bangli Wayan Gunawan. Mereka diterima Sekretaris DPD Golkar Bali Nyoman Sugawa Korry dan sejumlah Pengurus DPD Golkar Bali di Wantilan Kantor DPD Partai Golkar Bali.

Sebelumnya, DPD Golkar Bali menerbitkan Surat Keputusan (SK) penunjukkan Pelaksana Tugas (Plt) untuk menggantikan enam Ketua DPD Golkar Kabupaten di Bali. Selain Badung dan Bangli, empat Ketua DPD Golkar Kabupaten yang dicopot adalah Jembrana, Tabanan, Buleleng, dan Karangasem.

Pada kesempatan itu, para Pengurus PK ini juga mendukung langkah ketua DPD Golkar yang dicopot untuk membawa persoalan itu ke Mahkamah Partai.

Selain itu muncul juga aspirasi dari PK Kabupaten Badung agar Pengurus DPD Golkar Bali dan Ketua Golkar Badung perlu duduk bersama untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

Menanggapi aspirasi pengurus PK tersebut, Sekretaris DPD Golkar Bali Nyoman Sugawa Korry menjelaskan latarbelakang pencopotan enam ketua DPD Golkar Kabupaten tersebut. Ia mengatakan, pencopotan mereka karena ada aspirasi yang muncul. "Masing-masing daerah memiliki permasalahan berbeda-beda. Jembrana (Ketua Golkar Jembrana) mundur. Tabanan, ada aspirasi dari 8 dari 10 kecamatan dan dia (Ketua Golkar Tabanan) secara lisan mengatakan dmundur. Karangasem karena 2/3 dari PK mengajukan, Badung, salah satunya karena desakan PDK KOSGORO. Kalau Bangli karena pelanggaran-pelangaran," jelas Sugawa Korry.

Wakil Ketua DPRD Bali ini juga menegaskan bahwa pencopotan para ketua DPD Golkar tersebut bukan keputusan Plt Ketua Golkar Bali Gde Sumarjaya Linggih alias Demer. "Itu keputusan lembaga, bukan keputusan orang per orang. Bukan keputusan pak Demer, pak Sugawa, pak Suyasa, tapi keputusan lembaga melalui proses rapat. Semua kami jelaskan yang melatarbelakangi SK ini," tegas Sugawa Korry. Untuk diketahui, pencopotan enam ketua DPD Golkar Kabupaten itu diputuskan dalam Rapat Pleno DPD golkar Bali.

Selanjutnya, terhadap aspirasi yang disampaikan PK dari Kabupaten Bangli dan Badung, pihaknya mengapresiasinya. "Bahwa kemudia ada aspirasi kami terima karena dia adalah kader kami apalagi dengan cara yang elegan, baik dan sopan," ujar politikus senior asal Buleleng ini. Ia melanjutkan, pihaknya tak membedung langkah yang diambil oleh para Ketua DPD Golkar yang menggugat SK DPD Golkar Bali ke Mahmakah Partai. Menurut dia, pihaknya memberi dua opsi bagi para ketua yang dilengserkan itu, yakni menerimanya dengan legowo, dan mempersilahkan untuk menggugat ke Mahkamah Partai.

Menurut dia, menerima dengan legowo merupakan pilihan yang benar dan bijak, daripada meresponnya dengan kemarahan apalagi sampai melakukan tindak pidana. Belajar dari pengalaman sejumlah pengurus Golkar yang dicopot, termasuk Sugawa Korry yang dicopot tahun 2009, menurut dia masih terbuka  peluang bagi mereka untuk kembali menduduki jabatan strategis di partai Golkar.

DPD Golkar Bali juga membuka diri untuk duduk bersama dengan Ketua DPD Golkar yang dicopot tersebut, termasuk aspirasi agar Demer dan Muntra duduk bersama. "Itu akan memberikan pembelajaran, bahwa apapun masalahnya yang utama adalah menjaga Partai Golkar. Sangat mungkin diskusi, sepanjang semua pihak  mengalahkan diri sendiri. Kalau keliru sadari kekeliruan, kalau berjasa kan relatif, semua juga berjasa," tegas Sugawa Korry.

Kesiapan untuk duduk bersama ini juga ditegaskan langsung oleh Demer. Bukan tidak mungkin persoalan ini bisa diselesaikan dengan duduk bersama."Apapun bisa terjadi dalam politik. Bisa saja duduk bersama untuk menyelesaiakannya. Kita lihat waktunya," ujar Demer. Amb/suksesinews

Sebelumnya Puncak Arus Balik Usai Lebaran Ketupat
Selanjutnya Hotel, Restoran, Pasar Modern dan Swalayan Wajib Utamakan Produk Lokal