..
Harga Bawang Turun, Satgas Pangan Terus Pantau Pasar
Satgas Pangan Banyuwangi melakukan sidak di Pasar Induk Banyuwangi.

Harga Bawang Turun, Satgas Pangan Terus Pantau Pasar

BANYUWANGI - Harga bawah putih yang sempat meroket Rp 80 ribu di awal Ramadan kini telah turun. Bumbu dapur yang satu ini harganya melorot di kisaran Rp 40 ribu.

Kembarannya, Bawang merah juga ikut turun. Dari semula Rp 50 ribu menjadi 25 ribu. Penurunan dua komoditas ini terungkap ketika Satgas Pangan yang dipimpin Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi SIK melakukan sidak di Pasar Induk Banyuwangi.

Jumadi, salah satu pedagang mengakui bila bawang putih sudah turun menjadi Rp 40 ribu dari semula Rp 70 ribu. Bawang merah kini di kisaran beli Rp 20 ribu dan jual Rp 25 ribu.

"Naiknya jelang Ramadan lalu. Sekarang sudah turun," ungkapnya kepada Kapolres AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi SIK yang didampingi Kepala Bulog Sub Divre Banyuwangi David Susanto.

Keterangan yang sama diperkuat oleh Wawan, pedagang yang berjualan di Pasar Induk Banyuwangi sejak 2001. Selain bawang, cabe rawit sering naik turun selama dirinya berdagang di pasar.

"Bawah putih dari Rp 80 ribu menjadi Rp 40 ribu. Bawah merah dari Rp 52 ribu menjadi Rp 28 ribu," katanya, Minggu (12/5/2019) sore.

Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi SIK pun lega karena stok dan pasokan barang stabil. Ditambah lagi harga bawang merah dan putih yang sudah turun.

"Kita akan datangi pasar untuk meninjau harga dari awal, pertengahan sampai akhir Ramadan," tegasnya.

Soal beras, Bulog bahkan menjamin aman. Menurut David Susanto, stok beras ada 52 ribu ton yang tersimpan di lima gudang. Beras dari Banyuwangi bahkan dikirim sampai Papua.

"Stok gula ada 50 ton, minyak goreng 1000 pcs, dan 2000 pcs tepung," ulas Kabulog Sub Divre Banyuwangi. SUBAHRODIN YUSUF

Sebelumnya 2000 Takjil Gratis Buat Penunggu Lampu Merah
Selanjutnya Suara Dentuman Gunung Agung Terdengar Hingga Pos Pantau