..
H-4 Idul Fitri Ribuan Kendaraan Antri di Pelabuhan Ketapang
Antrian kendaraan pemudik ttujuan NTB dan wisatawan yang hendak berlibur ke Bali memadati Pelabuhan Ketapang.

H-4 Idul Fitri Ribuan Kendaraan Antri di Pelabuhan Ketapang

BANYUWANGI - Kepadatan penumpang yang hendak mudik Lebaran Idul Fitri 1440 H tidak hanya terjadi di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali. Di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, Jawa Timur, pun demikian. 

Pada H-4 Lebaran, Sabtu (1/6/2019), kantong parkir di Pelabuhan ASDP Indonesia Ferry Ketapang dipadati kendaraan yang hendak menuju Pulau Seribu Pura. Kendaraan yang memadati kantong parkir pelabuhan didominasi mobil pribadi yang hendak berlibur ke Bali maupun mudik ke Nusa Tenggara Barat. 

Banyaknya kendaraan pribadi dari Surabaya, Malang, Semarang, Bandung, dan Jakarta serta kota besar lain yang terus berdatangan untuk menuju Pulau Dewata mengakibatkan terjadi antrian kendaraan hingga keluar area Pelabuhan Ketapang. Meski terjadi antrian, kondisi di sekitar pelabuhan penyeberangan relatif lancar. Sejumlah polisi disiagakan untuk mengatur arus lalu lintas di depan penyebrangan. 

Menghindari kemacetan yang lebih parah, polisi menutup sementara akses menuju Surabaya dari arah Banyuwangi yang melewati depan pelabuhan. Aparat Kepolisian Resor Banyuwangi menerapkan rekayasa jalur dengan memindahkan arah lalulintas melalui jalur lingkar Ketapang. Sebab diprediksi arus kendaraan yang akan menuju Pulau Bali akan terus mengalir hingga H-Lebaran nanti.

Data posko lebaran dari ASDP Ketapang, sejak H-7 hingga H-4 lebaran saat ini kendaraan roda empat yang sudah menyeberang ke Pulau Bali mencapai 11 ribu unit. Banyaknya warga yang menggunakan trip pelayaran Ketapang - Gilimanuk untuk berlibur ke Pulau Bali menggunakan mobil pribadi imbas dibukanya jalur Tol Trans Jawa yang tersambung hingga Probolinggo.

"Saya bersama keluarga dari Jakarta mau liburan ke Bali. Kaluarga saya kan ga ikut lebaran. Mumpung cuti. Lagian sekarang ada Tol Trans Jawa sampai Probolinggo, jalan ga macet," ucap Wijaya. 

General Manager PT ASDP Ketapang – Gilimanuk Fahmi Alweni sempat tak mengira bakal terjadi antrian kendaraan yang hendak menyeberang ke Bali. Kondisi itu diketahui sekitar pukul 07.00 WIB. Ia pun  lekas merubah sistem bongkar muat untuk mengurai kepadatan di Pelabuhan Ketapang.   

“Pagi tadi kami masih menggunakan skenario kapal – kapal yang habis bongkar muat di Ketapang kembali kosongan ke Gilimanuk. Di luar prediksi kami ternyata di Ketapang membludak. Akhirnya  kami rubah skenario itu,” jelas Fahmi.

Pasca perubahan skenario bongkar muat tersebut akhirnya kepadatan di Pelabuhan Ketapang dapat diurai. Sekitar pukul 10.00 WIB kendaraan yang antri sampai di jalan raya tertampung di area parkir ASDP. Sampai Sabtu sore situasi itu telah terkendali.  SUBAHRODIN YUSUF 

 

 

Sebelumnya Imbauan BMKG Terbukti, Tiga Kapal Alami Insiden Laut
Selanjutnya 60 persen Pemudik Belum Melintasi Selat Bali